Awas Ladies, Tas Wanita Ternyata Lebih Banyak Menyimpan Bakteri Dibandingkan Dengan Toilet

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tempat paling kotor dan dipenuhi dengan banyak kuman dan bakteri, hal pertama yang akan kita pikirkan tentu saja adalah toilet. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta yang mengejutkan dimana ada lebih banyak barang yang sebenarnya lebih akrab kita pakai sehari-hari yang ternyata lebih kotor jika dibandingkan dengan toilet. Salah satunya adalah tas wanita.

doktersehat-wanita

Dilansir dari portal berita internasional Daily Mail, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman dan menemukan fakta bahwa pada tas wanita bisa ditemukan setidaknya 10.000 jenis bakteri. Bahkan, dari seorang pemillik bisnis spa yang diperuntukkan untuk perawatan tas bernama Alex How, diketahui bahwa ada banyak sekali jenis kotoran yang bisa ditemukan pada tas wanita, dari remah-remah makanan, berbagai macam sampah, atau bahkan urin dari hewan peliharaan layaknya dari anjing atau kucing. Dalam realitanya, tas wanita memang sangat multifungsi sehingga kita bisa menempatkan hampir semua barang di dalamnya dari dompet, gawai, make-up, atau bahkan makanan.

Menurt Alex, urin hewan peliharaan mungkin bisa didapatkan karena tas bisa saja diletakkan di berbagai tempat yang telah terkontaminasi urin hewan, namun, tanpa disadari banyak kaum hawa yang menyimpan sampah layaknya tisu kotor atau sisa makanan yang tentu akan membuat pertumbuhan bakteri di dalam tas pun meningkat. Yang menjadi masalah adalah, tas biasanya cukup jarang untuk dibersihkan dan kadang harus menunggu berbulan-bulan untuk dicuci.

Data yang dikeluarkan oleh Science World Report tahun 2013 menunjukkan bahwa tas tangan wanita memiliki 10 kali lebih banyak aktifitas mikroba jika dibandingkan dengan yang ada di toilet. Area pegangan tas dan bagian luar tas ditengarai sebagai bagian paling kotor dari tas wanita. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita mulai tidak membuang sampah atau sisa makanan pada tas. Selain itu, jangan tempatkan tas sembarangan, apalagi jika dimasukkan ke dalam toilet.