Awas, Kutu Busuk di Tempat Tidur Bisa Memicu Gangguan Tidur

DokterSehat.Com – Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat kualitas tidur kita tetap terjaga adalah dengan menjaga kebersihan tempat tidur kita. Dengan tempat tidur yang bersih, kita tentu akan merasa nyaman dan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Sayangnya, kualitas tidur ini bisa terganggu andai di kasur kita ternyata ada kutu busuk atau kutu kasur yang bisa membuat kita kerap mengalami masalah gatal-gatal. Sebenarnya, seperti apakah kutu busuk yang kerap tinggal di kasur ini?

doktersehat-kaki-kasur-tidur

Dalam bahasa ilmiah, kutu busuk ini disebut sebagai cimex lectularius. Layaknya serangga pada umumnya, kutu busuk cenderung sangat cepat berkembang biak, apalagi jika berada di area yang ideal layaknya kasur pada kamar tidur kita. Pakar kesehatan menyebutkan jika andai kasur sudah terkena kutu busuk, maka kita bisa menemukan ribuan kutu busuk yang bisa menggigiti dan menghisap darah kita sehingga akan memicu gatal-gatal atau gangguan tidur. Sebagai informasi, kutu busuk ini memang bertahan hidup dengan cara menghisap darah dari berbagai mamalia, khususnya manusia.

Kutu busuk biasanya memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni lima millimeter. Namun, pergerakan kutu ini sangat luar biasa karena mampu menjelajah seisi kamar tidur kita andai sedang mencari makan. Agar kita tidak terganggu oleh gigitan kutu busuk ini, ada baiknya kita rutin membersihkan kamar tidur dan membunuhnya dengan cara-cara sebagai berikut.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kutu busuk ini bisa mati andai berada dalam suhu 46 derajat Celcius selama 10 menit saja. Karena alasan inilah, kita bisa memberikan uap panas pada kasur yang akan secara efektif membunuh kutu busuk sekaligus telur-telurnya. Sayangnya, uap panas ini harus benar-benar menyentuh kutu agar bisa membunuhnya sehingga ada baiknya kita melakukan penguapan ini secara menyeluruh, yakni pada kasur, dinding dan berbagai celah-celahnya, hingga berbagai perabotan yang ada di kamar kita. Andai hal ini belum cukup, ada baiknya kita menghubungi pembasmi serangga atau hama professional sehingga semua kutu bisa mati dan kita pun tidak akan lagi mengalami gangguan tidur.