Awas, Kurang Vitamin Bisa Memicu Kegemukan

DokterSehat.Com – Masalah kegemukan atau berat badan yang berlebihan tentu tidak akan bisa dilepaskan dengan konsumsi makanan setiap hari. Selain asupan karbohidrat, beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan gula dan lemak ditengarai menjadi pemicu utama masalah kegemukan bagi banyak orang. Padahal, pakar kesehatan juga menyebutkan jika mereka yang kekurangan vitamin juga memiliki resiko besar mengalami kegemukan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

Jurnal American College of Nutrition membeberkan fakta yang didapatkan dari sebuah penelitian yang mencari korelasi antara kenaikan berat badan dan asupan vitamin dan mineral setiap hari. Penelitian ini sendiri melibatkan 18.000 partisipan yang harus mengisi survei nutrisi setidaknya selama 7 tahun. Dari penelitian ini, didapatkan fakta mengejutkan jika mereka yang mengalami masalah obesitas ternyata mendapatkan asupan harian vitamin 5 hingga 12 persen lebih rendah dari kebutuhan dan jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang ideal.

Bagi orang dewasa yang mengalami obesitas, 20 persen diantaranya diketahui kekurangan vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan juga kalsium serta magnesium. Kurangnya asupan vitamin ini ditengarai disebabkan oleh kecenderungan mereka yang mengalami obesitas untuk mengkonsumsi makanan yang buruk dan miskin nutrisi baik. Bahkan, hampir setiap hari penderita obesitas mengkonsumsi makanan yang kaya gula dan memiliki kandungan lemak jahat cukup tinggi. Makanan-makanan inilah yang menjadi pemicu masalah berat badan.

Vitamin A sendiri selain membantu menjaga kesehatan mata ternyata juga berperan besar dalam mendukung regulasi sel-sel lemak pada tubuh. Selain itu, vitamin A juga ikut melepaskan hormon yang bisa mengendalikan berat badan tetap seimbang. Vitamin D sendiri memiliki peran besar dalam melepas leptin, sebuah hormon yang mengendalikan rasa lapar dan juga jumlah lemak di dalam tubuh. Jika kita setidaknya kekurangan vitamin-vitamin tersebut, maka pengendalian lemak dan rasa lapar pun akan menjadi jauh menurun dan pada akhirnya akan memicu masalah kenaikan berat badan secara signifikan. Untuk menghindarinya, mau tidak mau kita harus mengadopsi pola makan yang sehat dan seimbang sehingga kita mendapatkan nutrisi baik seharian dengan cukup.