Awas, Kurang Minum Bisa Memicu Sakit Pinggang

DokterSehat.Com – Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang telah direkomendasikan oleh banyak pakar kesehatan adalah dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup. Meminum dua liter air putih dalam sehari diyakini akan membuat tubuh akan terhidrasi dengan baik dan berbagai sistem yang bekerja dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, konsumsi air putih dengan cukup diyakini akan mampu membuat kita terbebas dari masalah sakit pinggang.

doktersehat-menjaga-sendi-sehat-nyeri-punggung

Pakar kesehatan menyebutkan jika kurangnya konsumsi air putih memiliki kaitan erat dengan munculnya sakit pinggang. Dr. Budi Wiweko, SpOG (K) menuturkan fakta dimana memang sebenarnya konsumsi air putih tidak serta merta berkaitan langsung dengan sakit pinggang. Namun, jika kita jarang minum air atau kurang konsumsi air putih yang membuat tubuh sering terkena dehidrasi, maka kita pun akan menambah resiko terkena masalah fungsi ginjal atau bahkan penyakit batu ginjal. Singkat kata, sakit pinggang pun akan terasa karena munculnya penyakit berbahaya ini.

Pakar kesehatan menyebutkan jika seseorang yang kurang minum air putih dalam waktu yang lama, maka resiko mendapatkan masalah batu ginjal pun sangatlah besar. Jika hal ini terjadi, maka rasa nyeri pada pinggang pun bisa berlangsung dengan sangat menyakitkan. Dehidrasi sendiri bagi pakar kesehatan dari Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, Prof Dr dr Parlindungan Siregar, sebenarnya bukan faktor utama penyebab dari munculnya masalah kesehatan batu ginjal. Namun, jelas dehidrasi memiliki peran besar dalam menyebabkan penyakit ini. Beliau menuturkan jika batu ginjal sendiri terjadi karena adanya faktor genetik atau kondisi dimana dalam saluran kencing banyak terdapat kandungan kalsium berlebihan. Namun, andai kita banyak mengkonsumsi air putih, maka konsentrasi dari kalsium penyebab batu ginjal seharusnya bisa ditekan.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Warna Gelap pada Daerah Kewanitaan

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap hari agar tidak mudah terkena penyakit batu ginjal, bukan?