Awas, Kuman Diare Bisa Berasal Dari Peralatan Makan

DokterSehat.Com – Seringkali kita menyalahkan makanan yang terbuat dari bahan yang tidak sehat atau yang diolah dengan cara yang tidak steril saat perut kita sakit atau bahkan terkena diare. Faktanya, memang ada banyak makanan yang diolah dengan cara yang sangat tidak sehat layaknya pada jajanan di pinggir jalan. Namun, tahukah anda, kuman diare ternyata tidak hanya berasal dari makanan yang diolah dengan cara kurang sehat atau bahkan dari lalat yang menghinggapi makanan. Pernahkah anda berpikir jika kuman diare ini berasal dari peralatan makan anda?

23938579132_9d11868964_o

Lalat memang termasuk dalam hewan yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Lalat bisa saja ditemui pada area yang terlihat bersih dan terawat. Yang menjadi masalah adalah lalat bisa terbang dengan jangkauan yang cukup jauh sehingga setelah menghinggapi kotoran atau sampah yang penuh dengan kuman diare, lalat bisa menghinggapi makanan atau bahkan peralatan makan yang ada pada rak. Andai kuman diare ini menghinggapi makanan, kita masih bisa melakukan pemanasan pada makanan sehingga kuman ini mati dan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Hanya saja, bagaimana jika tanpa kita sadari kuman ini menyentuh peralatan makan? Tentu kita akan mendapatkan masalah besar, bukan?

Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan pencucian peralatan makan dengan bersih dan sebaiknya menempatkan peralatan makan di tempat yang sulit dijangkau oleh lalat. Hanya saja, kita akan kesulitan untuk menjaga peralatan makan dari kuman diare jika kita makan di luar rumah mengingat banyak sekali warung atau restoran yang tidak benar-benar mencuci peralatan makannya dengan benar. Selain sumber air pencucinya yang masih bisa dipertanyakan, kita juga tidak mengetahui dimana peralatan makan tersebut ditempatkan atau dikeringkan. Bahkan, ada banyak penjual makanan yang mencuci peralatan makannya hanya dengan satu ember air, bukan?

Baca Juga:  Kenali dan Cegah Diabetes Melitus / Kencing Manis Tipe 2

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memang menjadi semakin selektif dalam memilih makanan dan tempat makan yang lebih bersih dan higienis. Selain itu, jangan pernah lupa untuk mencuci tangan sebelum makan karena selain makanan dan peralatan makan, tangan yang telah menyentuh berbagai tempat juga berpotensi terkena kuman dan bakteri penyebab penyakit sehingga harus segera dibersihkan.