Awas, Kuku Palsu Berpotensi Menjadi Sarang Kuman dan Bakteri!

DokterSehat.Com – Untuk mendapatkan tampilan yang jauh lebih cantik dan menawan, banyak kaum hawa yang memakai make-up dan perawatan pada berbagai bagian tubuhnya. Salah satu bagian tubuh yang bisa membuat kepercayaan diri wanita meningkat adalah kuku. Bagaimana tidak, dengan kuku yang cantik dan menawan, wanitapun akan menjadi percaya diri saat menjabat tangan seseorang atau sekadar saat berbincang-bincang. Untuk mendapatkan tampilan kuku yang menawan, tak jarang wanita memakai kuku palsu yang sudah memiliki hiasan dengan tampilan yang sangat cantik.

doktersehat-kuku-patah-kuteks

Dalam dunia kecantikan, kuku palsu kerap disebut sebagai nail extention yang bisa membuat kuku lebih panjang dan cantik dengan cepat. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika dibalik penggunaan kuku palsu yang cantik ini, terselip adanya bahaya kesehatan. Bagaimana tidak, jika kita tidak memotong kuku dalam waktu yang lama saja, maka tentu kuku bisa menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit yang bisa saja berpindah ke dalam tubuh saat kita makan. Padahal, banyak kuku palsu yang memiliki ukuran yang panjang. Selain itu, karena tampilan kuku yang cantik ini, banyak orang yang tidak mencuci tangan dengan sabun dengan maksimal sehingga kuku palsu pun pada akhirnya menjadi sarang kuman dan bakteri berbahaya.

Sebuah penelitian dilakukan oleh pakar kesehatan di Inggris mengenai dampak kesehatan yang diakibatkan oleh penggunaan kuku palsi. Dari penelitian ini, diketahui bahwa 60 persen dari perawat rumah sakit di Inggris ternyata memakai cat kuku atau bahkan nail extension. Padahal, pemerintah Inggris tidak menganjurkan hal ini dan menyarankan perawat untuk memiliki kuku yang pendek dan bersih, tanpa adanya cat kuku apalagi kuku palsu. Sebuah penelitian lain dari Wales dan dilakukan oleh Cardiff University bahkan menyebutkan fakta yang lebih mengejutkan dimana ditemukan 488 pelajar yang mengaku jika mereka pernah mengalami infeksi yang diakibatkan para perawat yang memakai kuku palsu atau yang tidak benar-benar mencuci tangannya dengan bersih memakai sabun.

Baca Juga:  Tubuh sehat Dan Langsing Berawal dari Pengelolaan Pikiran

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kaum hawa kini mempertimbangkan penggunaan kuku palsu karena adanya resiko menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit. Dengan mempertahankan kuku dalam kondisi rapi dan bersih, maka hal ini akan bisa membuat tampilan tangan tetap cantik, namun aman bagi kesehatan.