Awas, Konsumsi Alkohol Segelas Setiap Hari Sudah Mampu Meningkatkan Resiko Terkena Kanker

DokterSehat.Com – Masih hangat di dunia maya tentang perdebatan pelarangan alkohol oleh para netizen. Namun, bagi pakar kesehatan, konsumsi minuman beralkohol sudah menjadi hal yang sangat mutlak tidak disarankan sama sekali. Terdapat banyak sekali resiko kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita banyak mengkonsumsi alkohol. Salah satunya adalah kanker. Tahukah anda, andai kita rutin mengkonsumsi segelas minuman beralkohol saja setiap hari, resiko terkena kanker ternyata bisa meningkat dengan signifikan.

doktersehat-wine-anggur-alkohol

Pakar kesehatan dr Sally Norton menyebutkan jika konsumsi harian satu gelas minuman beralkohol bisa berimbas pada meningkatnya resiko terkena kanker payudara hingga empat persen. Bahkan, mereka yang merupakan peminum berat dengan konsumsi harian lebih dari tiga gelas minuman beralkohol, resiko mendapatkan kanker pun meningkat tajam hingga 40 hingga 50 persen! Menurut beliau, tercatat alkohol bisa menyebabkan 60 jenis penyakit meskipun pada umumnya menyebabkan kanker, tekanan darah tinggi, hingga masalah sirosis hati dan depresi. Alkohol juga tercatat sebagai salah satu pemicu utama masalah obesitas yang pada akhirnya berlanjut menjadi penyakit jantung atau diabetes.

Dr Norton sendiri mengungkapkan data yang sangat mengejutkan dimana dalam 10 tahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah penanganan penyakit yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol pada rumah sakit. Bahkan, di Inggris setidaknya 9.000 orang harus meregang nyawa akibat penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan menenggak minuman beralkohol.

Dr. Norton juga menyayangkan adanya pendapat dari beberapa pakar kesehatan lainnya yang menganggap jika asalkan konsumsi minuman beralkohol dibatasi, maka resiko terkena penyakit jantung bisa menurun. Padahal, penurunan resiko ini hanya berlaku pada wanita lanjut usia saja.

Tanpa adanya kompromi, dr Norton dan sebagian besar pakar kesehatan sama sekali tidak merekomendasikan konsumsi minuman beralkohol, apapun alasannya. Tidak ada batasan aman sama sekali akan konsomsi minuman ini karena dalam realitanya, minuman ini sama sekali tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.