Awas, Kolesterol Anda Tinggi Jika Alami 3 Tanda Fisik ini!

kerja-kantor-stres-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh memang sangat penting. Pasalnya, dengan kadar kolesterol yang normal, Anda akan terhindar dari ancaman penyakit mematikan seperti jantung, stroke, dan berbagai macam penyakit lainnya. Kolesterol sendiri merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang bisa menghambat aliran darah dalam tubuh seseorang.

Photo Credit: pexels.com

Sehingga semakin tinggi kolesterol seseorang, maka suplai darah ke seluruh tubuh pun akan sangat terganggu. Untuk dapat mengetahui kadar kolesterol, tentu Anda harus melakukan pemeriksaan rutin ke dokter atau melakukan cek laboratorium. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk itu, ada cara lain yang bisa Anda gunakan sebagai isyarat bahwa kolesterol dalam tubuh meningkat. Apa saja isyarat dan tandanya?

1. Tangan dan Kaki Selalu Pegal

Ketika pembuluh darah terganggu, maka sistem jaringan serta otot pun akan menjadi ancamannya. Penumpukan lemak pada sel darah akan membuat tubuh menjadi lebih mudah pegal dan merasa lelah. Misalnya, jika tangan dan kaki Anda sering merasa pegal walaupun tidak digunakan secara berlebihan, maka itu bisa menandakan bahwa kadar kolesterol Anda sedang meningkat dan perlu ditindaklanjuti sebelum terjadi kemungkinan yang lebih buruk.

2. Sering Kesemutan

Kesemutan adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Namun, jika kesemutan itu sangat sering terjadi dan selalu berulang pada lokasi yang sama, maka bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kolesterol Anda sedang tinggi. Sebab, kesemutan terjadi karena aliran darah menjadi kental hingga terjebak pada suatu tempat dan sulit disebarkan.

3. Sakit Kepala Belakang

Jika Anda adalah seorang pekerja kantoran yang selalu dihadapkan dengan segudang tugas, maka wajar saja jika Anda sering mengalami sakit kepala. Namun, jika sakit kepala tersebut selalu muncul di belakang kepala maka Anda patut mencurigainya. Hal itu bisa pertanda bahwa kolesterol Anda tidak stabil, sebab penyumbatan pembuluh darah yang terhubung dari leher sedang terganggu sehingga kepala bagian belakang sering sakit. Jika dibiarkan, hal ini bisa memicu datangnya stroke mendadak.