Awas, Kesemutan di Leher Bisa Picu Kelumpuhan!

Doktersehat.com – Kesemutan di leher kerap dianggap enteng bagi sebagian masyarakat. Padahal gejala ini mengindikasikan adanya saraf terjepit di tulang leher yang dapat menyebabkan kelumpuhan.



Gangguan kesemutan pada leher disebut juga spondilosis leher. Menurut spesialis bedah saraf, Dr. M. Sofyanto, SpBS, gangguan ini biasanya dipicu oleh terjepitnya sumsum saraf leher dengan bantalan sendi di leher yang lepas atau tertekan oleh pengapuran.

Kebanyakan penderita spondilosis leher diakibatkan kurangnya gerakan tubuh atau akibat kebiasaan melakukan gerakan yang salah.

Gejala lebih parah akan ditunjukkan dengan timbulnya rasa nyeri di leher, bahu, belikat dan menjalar sampai jari tangan.

Bahkan kondisi ini bisa melemahkan tangan, akibatnya Anda menjadi kesulitan untuk menulis. Bila dibiarkan, gejala ini dapat menyebabkan gangguan buang air. Seseorang akan kesulitan menahan air seni, bahkan bisa jadi penderita akan mengalami gangguan seksual.

Meski begitu, penanganan spondilosis leher dengan operasi tidak bisa dilakukan kepada semua penderita. Indikasi operasi leher cukup ketat dengan teknik operasi bedah mikro (microsurgery).

Operasi untuk menangani spondilosis ini disebut dengan discoplasty atau cervical disc replacement. Operasi ini akan mengganti sendi leher yang rusak dengan sendi baru yang berasal dari titanium dan batu zirconium.

Penggantian sendi ini mampu bergerak seperti aslinya, sendi baru ini juga tahan seumur hidup.

Sumber: ghiboo.com