Awas Kesalahan Memakai Lensa Kontak Bisa Menyebabkan Kebutakan

DokterSehat.Com – Untuk Anda yang berkaca mata, seringkali pemakaian alat bantu penglihatan ini terasa merepotkan. Terutama bagi Anda yang aktif dalam beraktivitas di luar ruangan. Kaca mata yang Anda gunakan bisa saja jatuh saat Anda berlari-lari. Untuk itulah Anda pun memilih untuk mengenakan lensa kontak. Cukup dengan menempelkannya di bola mata, maka Anda pun bisa melihat dengan jelas tanpa merasa kerepotan.



Jika Anda seorang pengguna lensa kontak, sebaiknya berhati-hatilah dalam merawatnya serta selalu jaga kebersihan lensa kontak. Lensa kontak merupakan alternatif paling baik bagi orang yang tidak suka berkacamata. Namun bukan berarti memakai lensa kontak tidak beresiko. Jika dipakai dengan cara yang salah lensa kontak bisa berakibat pada kebutaan.

Lensa kontak dapat mengakibatkan infeksi karena bakteri yang diakibatkan perawatan yang kurang higienis. Infeksi ini bisa menyebabkan keratitis. Keratitis adalah keadaan yang bisa mengakibatkan kebutaan jika dibiarkan kronis. Dalam keadaan ini kornea terinfeksi oleh mikroba, jamur dan juga bakteri lain.

Kebersihan yang buruk, terlalu lama mengenakan lensa kontak dan penggantian air yang tidak teratur adalah berbagai penyebab keratitis ini. Jika Anda adalah pemakai lensa kontak ada baiknya mengikuti beberapa tips ini agar dapat lebih aman saat mengenakannya.

  • Secara rutin ganti terus lensa kontak Anda sebelum masa kadaluarsanya.
  • Simpan lensa kontak dalam cairan pembersih lensa kontak yang selalu fresh. Ganti terus setiap akan menyimpan lensa kontak.
  • Selalu rendam dan cuci lensa kontak Anda setelah dilepas dari mata.
  • Lepas lensa kontak sebelum tidur, mandi dan berenang.
  • Cuci tangan Anda dengan air dan sabun sebelum menyentuh lensa kontak.