Awas Kegiatan Tidak Sehat Ini Akan Beresiko Memperbesar Masalah Arthritis

DokterSehat.Com – Penyakit arthritis atau peradangan pada sendiri adalah salah satu masalah yang sangat besar bagi kesehatan tubuh, khususnya orang tua. Selain memberikan dampak buruk secara fisik, kualitas kehidupan seseorang ternyata juga ikut menurun drastis karena setiap gerakan pada sendi bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Tahukah anda, kebiasaan sehari-hari kita yang kurang sehat ternyata bisa menyebabkan masalah arthritis ini semakin membesar. Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

Hal pertama yang kerap kali dilakukan oleh kita adalah tidak menyukai olahraga atau aktifitaas fisik. Selain rasa malas, kecenderungan banyak orang yang tidak ingin keluar rumah dan bersanta-santai di dalam rumah ternyata bisa menyebabkan masalah arthritis ini semakin membesar. Padahal, dengan olahraga yang teratur, maka otot-otot persendian akan menjadi lebih baik dalam mempertahankan kesehatan tulang. Selain itu, rasa sakit dan jangkauan gerak tubuh pun akan menjadi lebih baik.

Hal berikutnya yang bisa menyebabkan masalah arthritis meningkat adalah dengan kurangnya waktu tidur yang didapatkan setiap malamnya. Kini banyak orang, khususnya anak muda yang memilih menghabiskan waktu di depan televisi atau layar gadget hingga larut malam sehingga kurang mendapatkan waktu tidur yang cukup. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan arthritis menjadi semakin parah. Dengan tidur yang cukup dan nyenyak, maka masalah peradangan sendi bisa dicegah dengan signifikan.

Kecenderungan masyarakat modern untuk hidup penuh dengan stress dan depresi dari tempat kerja ataupun kehidupan sosial ternyata juga bisa membuat masalah artrhitis semakin parah. Dengan stress yang meningkat, sistem ketahanan tubuh pun menurun sehingga bisa menimbulkan rasa sakit, memperlambat masalah pemuilihan dari berbagaipenyakit, dan lain sebagainya.

Kebiasaan lain yang bisa menyebabkan arthritis bisa menjadi semakin parah adalah semestinya penderitanya tetap melakukan anjuran dokter untuk perawatan dan pemulihan penyakit ini dengan serius. Padahal, tanpa mengikuti atau mengindahkan rekomendasi dan saran dari dokter, maka penyakit artrhritis menjadi jauh lebih parah.