Awas Kebiasaan Sepele Ini Dapat Tingkatkan Serangan Jantung

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak menginginkan jantung sehat? Pastinya semua orang ingin mendambakan jantung yang sehat. jantung merupakan salah satu organ utama yang bertugas memompa darah keseluruh tubuh ini, Memang organ yang sangat penting untuk selalu dijaga dengan baik. Karena apabila jantung dalam tubuh anda mengalami gangguan, Maka berbagai ekosistem dalam tubuh pun akan mengalami masalah. Bahkan penyakit jantung juga merupakan penyakit yang amat mematikan bagi kebanyakan orang. Yang mana tidak sedikit pasien meninggal dunia akibat mereka terserang penyakit jantung.



Berikut ini kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan serangan jantung :

• Tidak menjaga kesehatan gigi
Banyak yang belum mengetahui jika kesehatan gigi masih berhubungan dengan kesehatan jantung. Ketahuilah, seseorang yang tidak menjaga kesehatan giginya maka mereka bisa mudah terserang penyakit jantung. Kebersihan gigi sangat erat kaitannya dengan kesehatan jantung. Salah satu kasus, ketika seseorang membersihkan sela-sela gigi dengan benang, maka penumpukan bakteri akan terjadi dan bisa menyebabkan peradangan pada gusi. Sehingga peradangan tersebut bisa menyebabkan terjadinya aterosklerosis. Dengan demikian, dalam menjaga kesehatan gigi salah satunya dengan rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

• Konsumsi alkohol
Minuman beralkohol memang memicu berbagai gangguan kesehatan. Tidak hanya kesehatan jantung, alkohol juga mampu merusak kesehatan paru-paru. Selain itu, alkohol juga menyebabkan peningkatan berat badan. Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan buruk dengan mengonsumsi alkohol di setiap harinya. Untuk menghindari serangan jantung, sebaiknya jangan konsumsi minuman jenis alkohol.

• Tidak menjaga berat badan
Perlu diketahui, berat badan yang tidak terkontrol bisa membuat tubuh menjadi obesitas. Kondisi tersebut akan membuat seseorang lebih rentan terhadap serangan jantung. Untuk menjaga berat badan anda, disarankan untuk mengonsumsi sayur, buah, dan mengganti minuman manis dengan air putih.

Baca Juga:  Data WHF: Penyakit Kardiovarkular Bertanggung Jawab Pada 80 Persen Kematian Dini di Seluruh Dunia

• Suka konsumsi makanan asin
Seringnya konsumsi makanan yang asin ternyata tidak menyehatkan. Ketahuilah, semakin tinggi kandungan garam yang dikonsumsi, maka risiko serangan darang tinggi juga semakin besar. Ketika seseorang terserang darah tinggi, maka risiko serangan jantung akan meningkat. Dengan demikian, jika anda hobi konsumsi makanan asin maka kurangilah sedikit demi sedikit, supaya tubuh tetap sehat dan tidak berisiko terhadap serangan jantung.

• Malas konsumsi buah dan sayur
Ini merupakan kebiasaan yang harus ditinggalkan karena memicu serangan jantung. Dalam hal ini, untuk menjaga kesehatan jantung itu seseorang disarankan mengonsumsi makanan nabati. Dimana seseorang harus rajin mengonsumsi buah-buahan, kemudian sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak yang mampu membuat jantung lebih sehat. Disamping itu seseorang juga disarankan untuk menghindari makanan junk food yang tidak menyehatkan itu. Sebuah penelitian membuktikan, seseorang yang mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, maka risiko serangan jantung akan berkurang hingga 20%.

BACA JUGA : Apakah Cogek Bisa Disembuhkan?