Awas Kebiasaan Ini Bisa Menghancurkan Kesehatan Ginjal

DokterSehat.Com – Ginjal merupakan salah satu organ penting tubuh yang memiliki fungsi untuk menyaring darah dan racun yang ada di dalam tubuh. Ginjal juga memproduksi beberapa jenis hormon yang akan membantu Anda untuk menyerap beberapa jenis mineral penting. Tanpanya, kesehatan tubuh Anda pastilah terganggu.

15

Itulah sebabnya Anda harus mewaspadai beberapa kebiasaan yang mampu mengganggu kesehatan ginjal.

Berikut adalah kebiasaan perusak kesehatan ginjal :

  • Mengonsumsi banyak garam
    Tingginya jumlah natrium dalam darah mampu mengganggu kesehatan ginjal Anda. Oleh karena itu pangkas konsumsi garam melalui konsumsi makanan sehat.
  • Kekurangan vitamin
    Kekurangan vitamin, terutama vitamin B6 akan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Sehingga pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi setiap hari untuk kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan.
  • Kurang tidur
    Saat tidur, maka organ tubuh pun beristirahat dengan baik. Sehingga bayangkan jika Anda kurang tidur, maka ginjal akan bekerja terus-menerus dan akhirnya kemampuannya menurun.
  • Jarang berolahraga
    Kurangnya frekuensi berolahraga juga mempengaruhi kesehatan ginjal. Sebab saat Anda jarang berolahraga maka organ tubuh tidak teregenerasi dengan baik serta membuat berat badan meningkat yang akhirnya mampu merusak kesehatan ginjal.
  • Kurang vitamin
    Air minum penting untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sebab ketika racun menumpuk dalam darah, maka akan menyakiti ginjal.
  • Soda
    Selain minuman beralkohol, soda juga cenderung merusak kesehatan ginjal. Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa soda akan membuat urin Anda mengandung protein yang menjadi perusak kesehatan ginjal.
  • Merokok
    Salah satu kebiasaan yang merusak ginjal adalah merokok. Sebab rokok akan mempengaruhi kesehatan pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi darah ke berbagai macam organ penting tubuh.
  • Alkohol
    Tahukah Anda bahwa minum minuman beralkohol mampu merusak ginjal? Hal ini disebabkan karena ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menyaring racun di minuman beralkohol. Oleh sebab itu, ketika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus maka ginjal Anda dapat rusak.