Awas, Kasus Penis Terjepit Resleting Ternyata Masih Tinggi

DokterSehat.Com – Meskipun terlihat konyol, namun dalam realitanya ternyata masih ada banyak sekali kasus penis pria yang terjepit resleting. Tak hanya terjadi di Indonesia, kasus ini ternyata masih cukup sering terjadi di seluruh dunia. Jika penis pria terjepit oleh resleting, maka Ia akan mengalami trauma yang sangat membekas dalam pikirannya, apalagi jika kasus ini terjadi saat pria masih berusia anak-anak.

doktersehat-seks-penis-pasangan

Pakar kesehatan melalui British Journal of Urology menyebutkan jika dalam rentang waktu 2002 hingga 2010 saja, setidaknya ada 17.616 pria yang harus dilarikan ke rumah sakit karena penisnya mengalami cedera akibat terjepit resleting. Bahkan, begitu banyaknya kasus ini masih terjadi di berbagai tempat, dunia medis memberikan istilah khusus bagi kejadian ini dengan “zip-related genital injury”.

Pakar kesehatan dari University of California, Amerika Serikat, menyebutkan jika setidaknya ada sekitar 2.000 kasus pria yang mengalami kecelakaan pada organ vitalnya yang diakibatkan oleh resleting. Dikarenakan bentuk organ vital pria yang cenderung lebih maju dan sangat dekat dengan resleting, maka organ inilah yang rentan terjepit resleting tanpa melihatkan bagian organ genital lainnya. Uniknya, meskipun kejadian ini kerap diasosiasikan dengan hal yang terjadi pada anak kecil yang cenderung lebih ceroboh dan banyak dari mereka yang tidak memakai celana dalam, daslam realitanya ada banyak pria dewasa yang mengalami kejadian yang sama. Pakar kesehatan pun bertanya-tanya apakah pria dewasa ini memakai celana dalam atau tidak saat penisnya terjepit resleting.

Meskipun terlihat konyol dan cenderung memalukan, pakar kesehatan, khususnya mereka yang bekerja di UGD rumah sakit haruslah menganggap kejadian ini sebagai hal yang serius mengingat hal ini berkaitan dengan selamat tidaknya alat vital seseorang. Tips untuk mengatasi penis yang tercepit resleting adalah dengan melumurinya dengan semacam baby oil dan kemudian diamkan selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu, kulit penis yang terjepit biasanya akan lepas dengan sendirinya meskipun biasanya akan meninggalkan luka yang tentu harus dibersihkan agar tidak menyebabkan infeksi.