Awas, Kanker Berikut Ini Bisa Ditularkan Melalui Hubungan Intim

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika ada banyak sekali penyebab kanker bisa muncul pada tubuh manusia. Seringkali, pemicu kanker adalah gaya hidup tidak sehat layaknya kerap mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol, atau bahkan kebiasaan buruk layaknya merokok hingga kerap menenggak minuman beralkohol. Namun, tahukah anda jika ada beberapa jenis kanker yang ternyata bisa muncul karena disebabkan oleh hubungan intim? Human Papillomavirus (HPV), virus penyebab kanker, ternyata memang bisa menular melalui hubungan intim dan memicu beberapa jenis kanker seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-kanker-serviks-rahim

Kanker serviks
Penyakit kanker yang sangat mengerikan dan telah banyak memakan banyak korban jiwa pada kaum wanita adalah kanker serviks atau kanker leher rahim. Kanker ini juga bisa disebabkan oleh HPV yang menyebar melalui hubungan intim, apalagi jika hubungan intim dilakukan dengan tidak aman dan kerap bergonta-ganti pasangan.

Kanker mulut
Andai pasangan melakukan oral seks dengan cara yang tidak aman, maka dikhawatirkan hal ini akan memicu kanker mulut. Biasanya, kanker ini akan diawali gejala berupa munculnya sariawan secara terus-menerus, kesulitan menelan, rasa sakit pada tenggorokan, hingga penurunan berat badan secara drastis dalam waktu yang cepat.

Kanker penis
Tak hanya bisa memicu kanker serviks pada wanita, HPV juga bisa memicu kanker penis yang sangat ditakuti oleh kaum pria. Biasanya, gejala awal dari kanker penis pada pria adalah munculnya ruam-ruam kemerahan dan benjolan pada penis, penis terasa nyeri, dan munculnya pendarahan pada penis pria.

Kanker vagina
Kanker vagina juga bisa terjadi karena hubungan intim yang tidak sehat. Selain kanker-kanker yang disebutkan sebelumnya, kanker vagina juga sangat mengerikan karena bisa sangat mematikan andai tidak ditangani dengan baik.