Awas Jangan Sepelekan Susah Buang Air Kecil

DokterSehat.Com – Susah buang air kecil dapat terjadi baik pria maupun wanita. Dalam kondisi ini, hal ini cenderung menjadi masalah dan terkadang menyakitkan. Orang-orang yang mengalami masalah ini harus benar-benar memaksa diri untuk dapat buang air kecil.



Beberapa orang merasakan bahwa mereka harus membuang air seni mereka. Namun ketika mereka benar-benar ingin melakukannya, jumlah urin yang mengalir keluar sangat sedikit. Kondisi ini dapat menjadi menyakitkan dan membuat tidak nyaman. Semua masalah yang terkait dengan kesulitan dalam buang air kecil dapat disebabkan akibat dari beberapa kondisi kesehatan dan penyakit.

Berikut beberapa kondisi yang umum menjadi penyebab susah buang air kecil :

• Pembengkakan prostat
Seiring pertambahan usia seorang pria, kelenjar prostat dapat mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada prostat akan menekan saluran kencing. Akibatnya, aliran urin tidak lancar dan dibutuhkan waktu lebih lama agar urin bisa keluar.

Pada wanita, infeksi pada saluran kencing adalah salah satu pemicu terjadinya kesulitan buang air kecil. Sedangkan pada pria, prostat yang mengalami infeksi juga akan membengkak dan menjadikan saluran kencing tertekan.

• Sistem syaraf terganggu
Gangguan atau rusaknya sistem syaraf akibat penyakit tertentu, seperti stroke atau kecelakaan, juga bisa mengganggu sistem buang air kecil seseorang. Selain stroke, kondisi diabetes, melahirkan, infeksi otak, dan saraf tulang belakang juga bisa menyebabkan susah buang air kecil.

• Efek samping obat-obatan
Beberapa obat yang dipakai untuk mengobati flu, dekongestan, dan alergi memiliki efek samping yang kurang baik bagi proses berkemih. Selain itu, pemakaian obat antidepresi dan antikolinergik bisa menyebabkan susah buang air kecil.

• Operasi
Jika menjalani pembedahan di daerah yang dekat dengan ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing, bisa jadi Anda akan mengalami susah buang air kecil. Pemberian obat bius juga bisa menyebabkan Anda mengalami susah buang air kecil setelah menjalani operasi.

Baca Juga:  Lapar Ditengah Malam, Ini Cemilan Sehat Yang Bisa Anda Makan

• Kondisi psikologis
Meski jarang terjadi, bukan hanya kondisi fisik yang bisa membuat seseorang mengalami susah buang air kecil. Kondisi psikis seseorang juga bisa menyebabkan hal tersebut. Salah satu kondisi psikis terkait hal ini adalah paruresis. Parauresis adalah kondisi ketika seseorang kesulitan buang air kecil karena merasa tidak nyaman dengan keberadaan orang lain.

Gejala

• Sakit dan nyeri menggigit di perut bagian bawah, di atas tulang kemaluan.

• Terasa sakit di akhir kencing.

• Anyang-anyangan atau rasa masih ingin kencing lagi. Meski sudah dicoba untuk berkemih namun tidak ada air kemih yang keluar.

• Kondisi parah akan disertai demam.

• Pada beberapa kasus, mungkin terlihat sedikit darah pada air seninya yang baunya sangat menyengat.

pertolongan pertama untuk mengatasi masalah seperti susah buang air kecil adalah dengan merendam saluran kencing dalam air hangat. cara seperti ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi peradangan. selain itu sebaiknya perbanyak minum air putih.

BACA JUGA : 5 Rahasia Awet Muda Bagi Pria Produktif