Awas, Jangan Menyimpan Ponsel di Saku

DokterSehat.Com – Ponsel telah menjadi salah satu peralatan yang sangat tidak bisa dilepaskan oleh sebagian besar umat manusia. Bagaimana tidak, ponsel yang menawarkan kemudahan komunikasi, informasi, hingga hiburan dianggap sebagai bagian hidup banyak orang. Dikarenakan banyak orang yang sulit untuk lepas dari ponsel, maka kita tentu akan sangat mudah menemukan orang yang menempatkan ponselnya di saku baju maupun saku celana. Selain praktis dan mudah untuk diambil, produk ponsel juga cenderung didesain sedemikian rupa agar mudah disimpan pada saku. Dibalik kemudahan ini, ternyata ada banyak sekali bahaya yang mengintai kesehatan kita jika kita menyimpan ponsel pada saku layaknya sebagai berikut.

iphone

Salah satu pakar kesehatan di Amerika Serikat bernama Devra Davis menyebutkan jika ada banyak sekali efek radiasi yang bisa dipancarkan oleh ponsel saat kita menyimpannya pada saku, baik itu saku baju maupun saku celana, atau saat kita menempatkannya dekat dengan tubuh. Sebagai contoh, ada penelitian yang menyebutkan jika radiasi ponsel ikut merusak DNA, membuat kesuburan pria menurun, hingga mengganggu metabolisme pada organ otak.

Selain kaum pria yang banyak menempatkan ponsel pada saku celana depan, Davis juga menyebutkan jika kini banyak kaum wanita yang meletakkan ponsel pada saku baju atau bahkan pada bra payudara. Beliau bahkan berkata jika pernah ada sebuah kasus medis dimana seorang wanita didiagnosa mengalami tumor payudara yang disebabkan oleh penempatan ponsel pada saku baju. Bahkan, tumor payudara yang muncul ini memiliki bentuk dan posisi yang persis layaknya ponsel yang ditempatkan pada saku bajunya.

Menurut Davis, lagi, telah ada banyak sekali penelitian kesehatan yang menyebutkan jika radiasi ponsel akan memicu penyakit berbahaya layaknya depresi, penyakit jantung, hingga diabetes. Selain itu, jika kita sering menempatkan ponsel pada saku celana, dikhawatirkan area panggul akan mengalami pelemahan kepadatan tulang yang tentu akan sangat berbahaya.

Baca Juga:  Keramas Dengan Air Dingin Ternyata Jauh Lebih Baik

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kini kita mulai tidak membiasakan menyimpan ponsel pada saku baju maupun saku celana. Meskipun terlihat repot, menempatkan ponsel pada tas dan menjauhkan ponsel dari tubuh kita selama kita tidur ternyata bisa mengurangi resiko terkena berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya.