Awas Iritasi Mata Incar Pemudik Yang Gunakan Sepeda Motor

DokterSehat.Com – Mudik lebaran yang bertepatan dengan musim kemarau berimbas pada banyaknya pemudik motor yang mengalami iritasi mata dan alergi kulit. Hal tersebut merupakan dampak dari intensitas debu yang berada di sepanjang perjalanan.



Selain kotoran yang dapat menyebabkan iritasi mata pada pemotor, tambah Elvioza, paparan sinar ultraviolet secara langsung menyebabkan iritasi mata tersebut dapat terjadi. Pemotor yang mudik perginya di siang hari, mereka terkena paparan sinar mataharinya kuat sekali, ujarnya.

Untuk itu, agar pemotor terhindar dari iritasi mata yang cukup membahayakan, wajib baginya untuk menggunakan pelindung, yang tidak hanya dapat melindungi kepala, tetapi juga dapat melindungi mata.

Helm jangan lupa, kacamata pun juga jangan lupa, jelasnya.

Selain itu, jauh-jauh hari sebelum mudik dilakukan, orang yang berniat untuk pulang kampung menggunakan motor harus menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, hindarilah merokok, alkohol, tidur larut malam, dan lain sebagainya. Itu yang harus diperhatikan, tambahnya.

Yang terpenting adalah, jangan lupa untuk senantiasa istirahat. Jangan terlalu memaksakan badan, jika kondisi tidak memungkinkan. Carilah tempat yang dapat berlindung dan mengistirahatkan badan beberapa waktu.

Kalau bisa tidur cukup, 2 sampai 3 jam. Nanti akan segar lagi. Kalau misalnya kecapekan, dan tidur hanya beberapa detik lalu melek lagi, itu bahaya, ujar Elvioza.

BACA JUGA : Perawatan Nyeri Punggung dan Leher