Awas, Ini Bahaya Mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa

DokterSehat.Com – Belakangan ini kita dihebohkan oleh adanya isu restoran yang menyajikan makanan yang sudah berkadaluarsa. Memang, mengkonsumsi makanan di restoran akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan memasak makanan sendiri di rumah. Meskipun banyak makanan yang jauh lebih enak yang disediakan di restoran, kita tidak bisa mengetahui apakah bahan yang digunakan untuk memasak makanan ini masih segar atau tidak sebagaimana kita bisa mudah mengeceknya saat berada di rumah. Sebenarnya, apakah ada dampak buruk dari mengkonsumsi makanan yang kadaluarsa?

doktersehat-mual-muntah-makanan-kadaluarsa

Pakar kesehatan Paul van Landingham, EdD yang berasal dari Jonhson & Wales University in Providence menyebutkan jika ada beberapa bahan makanan yang bisa memicu masalah kesehatan yang berbahaya jika dikonsumsi setelah melewati masa kadaluarsanya. Sebagai contoh, andai kita memakan bahan makanan daging yang sudah basi, maka kita bisa mengalami keracunan makanan atau sakit perut. Namun, ada beberapa bahan makanan layaknya wortel yang baru sehari melewati masa kadaluarsanya, biasanya tidak akan memberikan dampak kesehatan apapun.

Hanya saja, kita tetap harus berhati-hati dengan adanya resiko terkena keracunan makanan mengingat makanan berkadaluarsa bisa saja terkontaminasi bakteri berbahaya layaknya bakteri salmonella atau listeria. Biasanya gejala-gejala dari keracunan makanan yang disebabkan oleh memakan makanan yang sudah kadaluwarsa adalah muntah-muntah, kram perut, demam, pusing, dan juga diare. Gejala ini bisa saja muncul dalam waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari jika keracunan ini cukup parah. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, penderita keracunan makanan bahkan bisa meninggal nyawanya.

Selain resiko terkena bakteri, makanan yang kadaluarsa juga akan cenderung memunculkan jamur yang jika kita konsumsi, maka bisa membuat masalah kesehatan berupa sakit kepala, mual-mual, atau bahkan gatal-gatal. Dengan adanya resiko ini, memang ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan yang sudah berkadaluarsa, bukan?