Awas, Implan Silikon Pada Payudara Bisa Membuat Pemeriksaan Tumor Jinak Sulit Dilakukan

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu ingin mendapatkan payudaranya memiliki bentuk yang kencang dan indah. Sayangnya, dalam mendapatkannya, sebagian wanita memilih jalan pintas dengan cara melakukan suntikan implan payudara pada salon-salon kecantikan alih-alih pada dokter kecantikan yang lebih aman. Padahal, ada beberapa salon kecantikan yang menawarkan suntikan payudara dengan harga murah karena menggunakan bahan berbahaya, yakni silikon.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Silikon sendiri memang cukup efektif untuk membentuk payudara menjadi lebih kencang. Sayangnya, bagi pakar kesehatan bedah plastik, dr. Teddy Prasetyono, bahan silikon ini cenderung permanen dan sulit untuk dikendalikan andai sudah disuntikkan ke dalam payudara. Kita tentu pernah mendengar berita tentang implan silikon yang pada akhirnya merembes di dalam payudara dan membuat penggunanya jatuh sakit bukan? Selain itu, cara penyuntikan implan dengan silion pada salon-salon kecantikan juga cenderung serampangan dimana letak penyuntikan juga seringkali tidak aman secara kesehatan dan jumlah silikon yang disuntikkan juga kadangkala berlebihan.

Bahan silikon ini andai sudah bercampur dengan kelenjar payudara, maka akan terlihat layaknya salju andai kita melakukan pemeriksaan dengan radiologis. Yang menjadi masalah adalah, tampilan layaknya salju ini membuat banyak dokter kesulitan menerka apakah ada pertumbuhan kanker atau bahkan tumor jinak. Alhasil, andai di dalam payudara sebenarnya sedang ada perkembangan sel kanker, dokter pun tidak bisa melakukan penanganan dengan cepat dan kanker ini bisa berkembang menjadi sangat mematikan bagi wanita.

Singkat kata, dokter Teddy menyebutkan jika wanita pengguna implan silikon cenderung beresiko tinggi terkena kanker. Ia pun menyarankan kaum wanita untuk berpikir ulang untuk melakukan suntikan implan silikon pada payudaranya. Menurut beliau, alih-alih mendapatkan tampilan payudara yang sempurna, ada baiknya wanita justru lebih menjaga payudaranya tetap sehat.