Awas, Herpes Bisa Menular Dikolam Renang

Dokter Sehat – Herpes, merupakan radang atau infeksi yang mengincar kulit dan dapat menular saat berenang di dalam kolam renang. Sekalipun air kolam renang tersebut jernih, belum tentu air tersebut bersih. Ada ancaman virus varicella-zoster penyebab herpes yang dapat membuat kulit meradang dan menimbulkan gelembung berisi cairan nanah, dan terutama muncul di sela paha atau dekat dengan miss V. Disebut herpes atau cacar air karena penampakan dari penyakit ini adalah timbulnya bintik-bintik merah yang berair dan berkoloni di bagian kulit tertentu.

11

Penuruan imunitas pada tubuh menyebabkan virus pada permukaan kulit dapat berkembang dan menjadi penyakit herpes, herpes adalah penyakit menular yang dapat melaui kontak langsung dengan penderita ataupun bersentuhan pada bagian yang terifeksi. Jika anda sedang mengalami sakit herpes ini sebaiknya anda berhati-hati dalam menjaga agar bintik air ini tidak pecah sehigga tidak mejalar ke area yang lebih luas. Pada sebagian kasus herpes dapat kempes dengan sendiri karena sistem imun dari dalam tubuh kita yang bereaksi terhadap penyakit ini, penyebab herpes biasanya karena sistem imun kita sedang lemah, atau kebersihan badan yang kurang terjaga.

Gejala herpes umumnya suhu badan meningkat disertai demam, cepat lelah dan gampang pusing. Pada saat ini sistem imun pada tubuh akan menurun dan virus akan mudah masuk kedalam tubuh sehingga menimbulkan infeksi pada permukaan kulit, setelah virus berkembang sempurna pada tahap selanjutnya akan terdapat bintik-bintik berair yang sangat gatal dan mengganggu. Bila anda menggaruknya dan bintik pecah akan menimbulkan iritasi pada kulit dan akan lebih menyebar ke area kulit yang lebih luas.

Penularan herpes

Ada berbagai cara penularan herpes dari orang yang satu ke orang yang lain :

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Kebugaran Tubuh setelah Melahirkan

1.Melalui batuk

2.Melalui hubungan intim atau oral seks

3.Melalui sentuhan saat gelembung sedang pecah

4.Melalui pakaian yang terkena cairan gelembung yang pecah

5.Dan saat cairan tersebut ternyata justru masuk ke kolam renang

Virus tersebut tidak dapat dilihat oleh mata, namun ia dapat hidup lama di dalam air kolam. Virus ini memiliki waktu inkubasi selama 7-21 hari untuk berkembang di dalam tubuh.

Cara mencegah penularan herpes

1.Waspada itu wajib tetapi Anda tidak perlu sampai benar-benar mengakhiri kegiatan atau hobby berenang di kolam renang umum, ada cara untuk mencegah penularan herpes di kolam renang yang ternyata juga tidak terlalu sulit.

2.Lebih baik jangan paksakan diri untuk berenang di kolam renang umum apabila Anda sedang merasa tidak fit, virus varicella-zooster ini mudah menyerang tubuh saat kondisi tubuh tidak fit.

3.Pakailah kaca mata renang berkualitas dan sumbat telinga pada saat berenang, lebih baik pilih kacamata renang yang berkualitas sehingga menghindari penularan melalui cairan tubuh.

4.Selalu bersihkan tubuh dengan sabun antiseptik setelah berenang, sehingga dapat mencegah bakteri serta virus jahat yang dapat menyerang tubuh.