Awas, Hal-Hal Berikut Mengurangi Kualitas Tidur

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika tidur yang nyenyak dan berkualitas akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh secara nyata. Namun sayangnya, perkembangan teknologi dan gaya hidup modern kerap kali membuat kita banyak menghabiskan waktu tidur yang cenderung dalam durasi yang kurang dan juga tidak nyenyak. Tak percaya, dari berbagai penelitian, pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa hal yang sering kita lakukan dan tanpa kita sadari mengurangi kualitas tidur kita. Apa sajakah hal-hal tersebut?

doktersehat-obat-tidur

Menonton televisi ternyata menjadi penyebab utama kita kesulitan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Banyak kaum pria yang tidak bisa ketinggalan acara olahraga meskipun harus terbangun di jam dini hari untuk menikmati tayangan olahraga yang tentu akan menurunkan kualitas tidurnya. Menatap layar televisi saat anda harusnya tertidur ternyata akan membuat jam biologis tubuh anda terganggu dan di siang hari, anda bisa mengalami rasa tubuh yang tidak segar dan sering mengantuk. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk tidak menonton televisi setidaknya 20 menit sebelum kita tidur.

Hal berikutnya yang akan menggangu waktu tidur adalah banyaknya pikiran baik itu karena dunia pekerjaan, masalah rumah tangga, dan lain sebagainya. Stress dan depresi memang menjadi salah satu pemicu insomnia yang tentu harus diatasi. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita sebaiknya mulai melakukan meditasi atau setidaknya peregangan ringan di malam hari sebelum tidur yang akan membuat kita lebih baik dalam mengendalikan stress dan kecemasan berlebihan sehingga akan mudah tertidur.

Dikarenakan sempitnya waktu, banyak dari kita yang melakukan olahraga malam. Memang, olahraga malam bisa membuat tubuh kita sehat dan membuat tubuh kita nyenyak. Sayangnya, banyak dari kita yang melakukannya terlalu mepet atau bahkan di saat kita seharusnya tidur. Hal ini tentu akan mengganggu jam biologis kita secara keseluruhan. Selain itu, jika kita tidak makan malam atau bahkan makan malam secara berlebihan sebelum tidur, bisa jadi perut kita akan tidak nyaman dan pada akhirnya membuat kita sulit untuk tertidur.