Awas! Gosok Gigi Sesudah Makan Berbahaya

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan mulut adalah cara agar kita bisa terhindar dari bakteri-bakteri yang menyebabkan bau mulut, sariawan dan menggangu kesehatan gigi. Untuk menghindari hal seperti itu tentu kita melakukan menyikat gigi.



Menyikat gigi jika dilakukan dengan cara yang benar dan pada waktu-waktu yang telah dianjurkan akan mendapatkan manfaat yang baik pula bagi kesahatan mulut dan gigi kita.

Bagi sebagaian orang mempunyai kebiasaan menyikat gigi setelah makan, memang sih pada dasarnya cara itu baik untuk menjaga kebersian gigi dari sisa-sisa makanan. Akan tetapi kebiasaan tersebut berbahaya bagi kesahatan gigi. Kenapa? menurut dokter gigi Howard R. Gamble. Asam dari beberapa jenis makanan, seperti tomat dan jeruk, bisa melunakkan email gigi dan membuatnya seperti batu pasir basah. Menyikat gigi saat email masih lunak bisa mempercepat efek gerusan asam yang mengikis lapisan di bawah email gigi yang disebut dentin. Ini membuat gigi Anda akan rusak.

Menyikat gigi pada waktu yang salah, terutama dalam waktu 20 menit setelah menyelesaikan makan, dapat mendorong asam lebih dalam ke lapisan gigi. Ini berpotensi kuat menyebabkan korosi terjadi lebih cepat.

Ia merekomendasikan waktu terbaik membersihkan gigi adalah sekitar satu jam setelah selesai makan atau minum minuman mengandung asam.

Melalui studi, kami menyimpulkan bahwa setidaknya perlu menunggu 30 menit untuk menggosok gigi setelah makan, untuk melindungi permukaan dentin dari serangan erosif.

Nah, mulai dari sekarang bagi kamu yang mempunyai kebiasaan menyikat gigi setelah makan harus menunggu beberapa saat, jangan setelah makan kemudian langsung menyikat gigi. Ini akan berdampak besar bagi kesehatan gigi Anda karena berpotensi kuat menyebabkan korosi terjadi lebih cepat.