Awas, Gejala Sindrom Ovarium Polikistik Yang Ditandai Haid Yang Tidak Teratur

DokterSehat.Com – Kadang kala kaum hawa cukup resah dengan kondisi kesehatannya yang tiba-tiba mengalami ketidaklancaran menstruasi karena biasanya menstruasi berlangsung dengan rutin sesuai jadwal. Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi ini terjadi, ada baiknya kaum hawa harus mewaspadai sebuah kondisi yang disebut sebagai sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome atau PCOS) Selain menyebabkan masalah gangguan menstruasi, sindrom ini juga memberikan gejala berupa wajah yang cenderung lebih berminyak dan adanya pertumbuhan bulu tangan dan kaki yang berlebihan.

doktersehat-menstruasi-darah-datang-bulan-pantyliner-softex-pembalut-berenang

Pakar kesehatan Mary jane Minkin, M.D, yang berasal dari Yale University School of Medicine menyebutkan jika sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi dimana keseimbangan kadar hormon memiliki gangguan dimana seorang wanita justru memproduksi hormon androgen, yang merupakan hormon pria, secara berlebihan. Ovarium dan kelenjar adrenal akan memproduksi terstosterondalam jumlah yang cukup tinggi. Yang menjadi masalah adalah, sebagian wanita, yakni lima hingga 10 persen, sebenarnya memiliki masalah ini namun tidak menyadarinya.

Selain menimbulkan gejala di atas, penderita PCOS juga biasanya mengalami masalah pada berat badannya atau bahkan gangguan metabolisme layaknya kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi. Yang menjadi masalah adalah jika seorang wanita penderita PCOS juga memiliki kista pada indung telur. Kombinasi kedua masalah kesehatan ini bisa menimbulkan rasa nyeri yangsangat hebat. Jika kita mengalami gejala-gejala di atas, segeralah periksakan kondisi ini ke dokter kandungan.

Pakar kesehatan menyebutkan jika wanita yang beresiko terkena PCOS biasanya karena faktor genetik, atau justru karena terkena masalah kelebihan berat badan. Untungnya, pengobatan sindrom ini termasuk cukup mudah karena bisa dengan mengkonsumsi pil KB atau semacam obat-obatan tertentu yang bisa membuat seorang wanita lebih mudah hamil.