Awas, Gejala Kanker Paru-Paru Ini Harus Kita Waspadai

DokterSehat.Com – Mendengar kata kanker paru-paru tentu akan membuat kita teringat akan dampak buruk dari merokok. Memang, dalam kenyataannya penyebab paling utama dari munculnya penyakit ini adalah diakibatkan oleh kebiasaan buruk merokok. Sayangnya, kini banyak orang yang sebenarnya tidak merokok namun menjadi perokok pasif karena berada dalam lingkungan para perokok berat juga mengalami resiko yang sama besarnya terkena penyakit ini. Yang menjadi masalah adalah, banyak penderita kanker paru-paru yang tidak menyadari adanya gejala-gejala dari penyakit ini dan pada akhirnya baru mengetahui penyakitnya dalam stadium lanjut. Lantas, adakah gejala dari penyakti kanker paru-paru yang sebaiknya kita waspadai?

doktersehat-Emboli-Paru-Penyakit-Paru-Obstruktif-Kronik-PPOk

Pakar kesehatan menyebutkan jika gejala umum dari kanker paru-paru yang diwaspadai adalah jika kita mengalami batuk-batuk dan disertai dengan adanya bercak darah yang ikut keluar. Memang, kanker tidak selalu memunculkan darah pada batuk. Namun, jika kita mengalaminya, tentu kita harus segera memeriksakan kondisi tubuh ke dokter.

Tanda kedua dari adanya kanker paru-paru adalah rasa nyeri pada dada yang sangat terasa, apalagi jika kita tertawa, bernafas, atau bahkan batuk-batuk. Bahkan, jika batuk-batuk yang kita alami ini berlangsung dalam waktu yang sangat lama dan tidak bisa disembuhkan, hal ini bisa menjadi tanda akan adanya kanker paru-paru pada tubuh mengingat kanker memiliki kecenderungan membuat tenggorokan teriritasi yang tentu akan memicu batuk-batuk.

Tanda dari adanya kanker paru-paru yang patut diwaspadai berikutnya adalah kecenderungan tubuh untuk merasa lelah secara berlebihan meskipun kita hanya melakukana aktifitas fisik yang sangat minim. Selain itu, jika kita melakukan aktifitas fisik yang sedikit lebih intens layaknya berolahraga santai atau bahkan sekadar menaiki tangga, kita akan cenderung mengalami sesak nafas. Jika gejala-gejala ini muncul, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.