Awas, Dot Bisa Memicu Karies Gigi Pada Balita

DokterSehat.Com – Salah satu masalah gigi yang cukup sering terjadi pada balita adalah karies atau yang kerap kita sebut sebagai gigi geripis. Anak yang mengalami masalah gigi ini akan terlihat dari giginya yang berwarna kehitaman dan terkikis sehingga bentuknya tidak karuan. Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan orang tua yang memberikan makanan manis dan belum membiasakan anak untuk membersihkan giginya dengan rutin menjadi pemicu  utama dari masalah gigi karies ini. Namun, tahukah anda jika kebiasaan mengedot juga bisa memicu masalah gigi geripis ini?

doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

Pakar kesehatan gigi anak Dr. drg. Eva Fauziah, SpKGA menyebutkan jika kebiasaan mengedot susu botol pada anak dengan usia di bawah tiga tahun ternyata ikut mempengaruhi mudahnya anak terkena gigi geripis. Banyak dari anak yang mengedot susu di malam hari, khususnya sebelum tidur. Padahal di malam hari ini, produksi air liur cenderung berkurang dan lidah akan cenderung menutup gigi depan bagian bawah. Alhasil, bagian atas gigi akan banyak tergenang susu. Hal ini bisa semakin parah andai anak mengedot susu hingga tertidur sehingga mulutnya dipenuhi oleh susu. Bakteri pun akan sangat menyukai kondisi ini dan gigi anak pun akan semakin mudah terkena karies.

Karies pada gigi anak biasanya diawali dengan adanga garis putih yang kasar pada gigi anak. Hal ini kemudian berlanjut menjadi kerusakan pada email dan dentin pada geraham bawah. Karena alasan inilah gigi geraham anak biasanya menjadi yang pertama kali terkena masalah karies gigi. Sayangnya, banyak orang tua yang menganggap hal ini sebagai hal yang normal karena berpikir jika gigi anak bisa berganti dengan cepat. Padahal, hal ini bisa membuat pola makan anak terganggu dan berpengaruh besar pada pertumbuhannya.

Baca Juga:  Jangan Bawa Ponsel Saat Buang Air Besar!

Dr. Eva menyarankan orang tua untuk menghentikan pemakaian dot pada anak hingga usianya 2 tahun saja. Setelah itu, ada baiknya susu diberikan dengan gelas sehingga bisa segera diminum dengan habis oleh anak. Tak hanya itu, biasakan anak sejak dini untuk membersihkan giginya, khususnya setelah makan dan sebelum tidur agar tidak terkena masalah karies gigi.