Awas, Diabetes Akan Menjadi Semakin Berbahaya Jika Muncul Bisul

DokterSehat.Com – Meskipun kasus kematiannya masih menjadi hal yang simpang siur dan cenderung kontroversial, beberapa orang menyebutkan jika mendiang ketua Komisi Pemilihan Umum Indonesia, Husni Kamil Manik meninggal karena beliau menderita diabetes. Yang lebih ironis adalah, masalah diabetes melitus yang dideritanya menjadi semakin parah karena munculnya peradangan yang berubah menjadi infeksi. Memang, dokter dari Rumah Sakit Pusat Pertamina masih belum membuka sebab kematian sang ketua KPU, namun, dengan informasi dari kakak sang mendiang, M. Arfanuddin Manik, yang menyebutkan adanya peradangan yang memicu infeksi, membuat banyak pihak yang memiliki diabetes waspada akan penyebab peradangan, khususnya yang berupa bisul.

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c

Salah seorang pakar kesehatan yang bekerja di FK Universitas Indonesia, dr. Ari Fahrial Syam, menyebutkan jika diabetes yang disertai dengan munculnya bisul adalah kombinasi yang sangat berbahaya. Menurut beliau, bisul bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Ari juga mencermati bahayanya bisul yang diderita penderita diabetes melitus apalagi jika bisul semakin besar dan meluas sehingga ada cairan nanah yang semakin menumpuk. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka dikhawatirkan akan terjadi infeksi dan bisa berimbas ke aliran darah.

Sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes harus menghindari infeksi sebisa mungkin. Hal ini dikarenakan infeksi bisa disertai dengan banyaknya bakteri dan bisa menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tak terkontrol dan akhirnya memicu komplikasi mematikan yang disebut sebagai ketoasidosis. Jika hal ini terjadi, maka penderitanya bisa mengalami sesak nafas, kelelahan parah, peningkatan detak jantung, rasa haus yang berlabihan, hingga pusing-pusing, dan pada akhirnya bisa berlanjut dengan koma. Dengan adanya fakta ini, penderita diabetes memang harus sangat berhati-hati dengan gaya hidupnya. Tak hanya dengan menjaga pola makan, ada baiknya penderita diabetes juga menghindari terjadinya bisul dan luka sebisa mungkin demi mencegah munculnya infeksi.