Awas, Depresi Bisa Menyerang Mereka yang Tidur Dengan Televisi Menyala

DokterSehat.Com – Kini semakin banyak orang yang menempatkan televisi di dalam kamar tidur. Biasanya, alasan menempatkan televisi di kamar tidur adalah agar bisa menikmati acara televisi dengan privasi. Selain itu, rumah yang cenderung berukuran kecil juga menjadi alasan televisi ditempatkan di kamar tidur sehingga televisi bisa dinikmati dengan tiduran dengan nyaman. Sayangnya, penempatan televisi di kamar tidur ternyata seringkali membuat seseorang tertidur dengan kondisi televisi tetap menyala hingga mereka bangung di pagi harinya. Mereka beralasan jika tidur mereka tidak terganggu meskipun “ditonton” oleh televisi sepanjang malam, namun, pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini bisa berimbas buruk bagi kesehatan, khususnya psikologis seseorang.

doaktersehat-nonton-tv-laga-makan-pizza-popcorn

Pakar kesehatan yang ahli dalam bidang tidur dari London, Inggris; Guy Meadows  menyebutkan jika tertidur dengan televisi tetap menyala ternyata bisa membuat seseorang mengalami depresi berat. Menurut beliau, tubuh manusia secara alami membutuhkan kondisi yang gelap untuk mendapatkan kenyamanan dan tidur yang berkualitas. Karena alasan inilah kita akan cenderung segera terbangun saat matahari terbit karena cahaya yang mengenai retina mata akan segera membangunkan otak untuk menurunkan hormon melatonin yang membuat kita tertidur dengan nyenyak.

Jika kita menyalakan televisi hingga kita terlelap tidur, ternyata kita akan menurunkan produksi hormon melatonin yang berperan besar dalam membuat kita mengantuk dan tidur dengan nyenyak. Jika hal ini terjadi, kita akan mengalami gangguan tidur sehingga pada pagi harinya kita akan merasa lelah dan menurunkan mood kita dengan sangat drastis. Jika hal ini sering terjadi, bagian prefrontal cortex pada otak yang merupakan bagian yang berpengaruh pada rasionalitas akan mengalami masalah. Kita pun akan cenderung memiliki masalah emosional dan pada akhirnya kita meningkatkan resiko terkena depresi.

Baca Juga:  Jika Leher Mengalami Benjolan

Jika kita tidak ingin mengalami depresi ini, ada baiknya memang kita tidak tertidur dengan televisi yang menyala atau bahkan sebaiknya segera menyingkirkan televisi dari kamar tidur kita.