Awas Dahak Kuning Kemungkinan Bronchitis

DokterSehat.Com – Dahak merupakan hal yang wajar dialami oleh manusia. Dahak merupakan lendir yang dihasilkan selaput lendir. Umumnya dahak berwarna hijau, namun bagaimana jika dahak kuning? Anda perlu waspada karena bisa jadi itu merupakan gejala bronchitis. Bronchitis adalah radang pada cabang tenggorokan. Bronchitis biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, namun bagi Anda yang mengalaminya secara menahun, bronchitis dapat berbahaya. Salah satu ciri bronchitis adalah dahak kuning yang lama kelamaan bertambah kemerahan.

7

Penyebab

  • Sinusitis kronis
  • Alergi saluran pernafasan
  • Kebiasaan merokok
  • Polusi udara
  • Debu dan polutan kimia yang terhirup

Saluran pernafasan memiliki sensitivitas yang tinggi. Polusi udara serta kebiasaan merokok dapat menggangu saluran pernafasan. Pada perokok aktif biasanya bronchitis sering terjadi dan berulang-ulang bahkan berkepanjangan. Polutan kimia seperti amonia, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromine juga dapat mengakibatkan penyakit ini. Bahkan lingkungan yang berdebu juga dapat menyebabkan penyakit ini. Oleh karena itu perlu lingkungan yang sehat dan bersih serta gaya hidup yang sehat untuk menjaga agar penyakit ini tidak mengganggu Anda.

Gejala

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bronchitis memiliki gejala dahak kuning yang lama kelamaan memerah. Jika Anda batuk berdahak, kemudian dahak terlihat berwarna kuning bisa jadi Anda terkena bronchitis. Jika bronchitis makin parah dahak yang semula berwarna kuning akan menjadi merah. Gejala lainnya adalah pusing, cepat lelah, wajah dan pipi serta bagian selaput lendir tampak kemerahan, pembengkakan pergelangan kaki, dan sering menderita gangguan pernafasan misalnya flu. Jadi, waspadai dahak kuning.

Cara mengatasi

Jika Anda mengalami gejala seperti yang ada di atas kemungkinan besar Anda terkena bronchitis. Jika anda terkena bronchitis yang harus Anda lakukan adalah jangan merokok atau jauhi asap rokok. Salah satu penyebab bronchitis adalah kebiasaan merokok oleh karena itu pencegahannya adalah menjauhi penyebabnya. Selain itu menjauhi debu sebagai penyebab lain. Tidak disarankan mengkonsumsi makanan berminyak seperti goreng-gorengan, makanan yang disarankan adalah sayuran dan buah-buahan. Pada saat udara dingin rendamlah kaki Anda di air hangat, serta yang paling penting mintalah nasehat dokter mengenai yang Anda rasakan.

Baca Juga:  Seputar Rhinitis Alergi, Bersin Di Pagi Hari yang Mengganggu

Dahak dapat menjadi tanda dari penyakit. Dahak kuning misalnya dapat menjadi gejala bronchitis, Anda harus segera memeriksakan diri Anda agar tidak terjadi secara berkepanjangan.