Awas, Cangkir dan Peralatan Makan di Kantor Ternyata Penuh Dengan Kuman

DokterSehat.Com – Normalnya, kita akan dengan mudah menemukan cangkir atau peralatan makan di kantor yang memang bisa digunakan semua karyawan yang ingin minum kopi atau mengkonsumsi bekal makan siangnya. Meskipun praktis, pakar kesehatan menyebutkan jika cangkir dan peralatan makan ini bisa jadi memiliki banyak sekali kuman yang bisa memicu berbagai macam penyakit sehingga wajib untuk kita waspadai.

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

Pakar kesehatan Professor Charles Gerba yang berasal dari University of Arizona pernah melakukan penelitian yang menghasilkan fakta mengejutkan yakni 20 persen cangkir yang ada di kantor-kantor ternyata memiliki kandungan bakteri yang juga ditemukan pada kotoran manusia. Sementara itu 80 persen sisanya memiliki bakteri-bakteri lainnya yang tak kalah berbahayanya bagi kesehatan. Mengapa bisa ditemukan begitu banyak bakteri dan kuman dalam cangkir dan peralatan makan di kantor? Professor Gerba menyebutkan jika penggunaan spons saat mencuci peralatan makan tersebutlah yang memicu banyaknya kuman dan bakteri.

Menurut beliau, biasanya hanya ada satu spons yang dipakai untuk mencuci begitu banyak cangkir dan peralatan makan di kantor dalam waktu yang lama. Padahal, hal ini justru akan semakin menyebarkan berbagai bakteri pada peralatan makan tersebut. Melihat hasil penelitiannya sendiri, beliau bahkan sampai-sampai bergurau bahwa cangkir di kantornya sebaiknya dicuci secara terpisah demi mencegah penularan kuman alih-alih dicuci bersama dengan spons yang dipakai bersama di kantor.

Sebenarnya, kita bisa melakukan cara yang lebih sederhana demi mencegah penularan kuman tersebut. Daripada membawa spons sendiri atau bahkan membawa cangkir kantor ke rumah untuk dicuci, kita bisa membawa cangkir yang bisa kita gunakan seorang diri dan dicuci di rumah begitu pulang dari tempat kerja. Selain menghindarkan penularan berbagai kuman, cangkir tersebut juga hanya akan kita gunakan sendiri sehingga kita pun akan lebih aman dari berbagai kuman dan bakteri yang tidak baik bagi kesehatan.