Awas, Benda Yang Kerap Dipegang Anak Ini Banyak Mengandung Kuman

DokterSehat.Com – Melihat anak bermain dengan riang gembira tentu akan memberikan rasa bahagia pada orang tua. Namun, orang tua tentu harus berhati-hati dengan benda-benda apa saja yang disentuh anak pada saat bermain-main karena bisa jadi benda-benda tersebut penuh dengan kuman yang tentu bisa menyebabkan anak terkena penyakit. Padahal, banyak anak kecil yang memiliki kecenderungan memasukkan berbagai benda yang mereka pegang ke mulutnya. Lantas, benda apa sajakah yang sebaiknya diwaspadai oleh orang tua jika dipakai atau dipegang oleh anak?

doktersehat-anak-nakal

Lantai adalah benda pertama yang harus diwaspadai akan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Padahal, lantai tentu menjadi tempat utama yang dipakai anak-anak saat bermain. Pada lantai sendiri, terdapat banyak sekali kotoran dan debu yang tentu saja bisa menjadi area favorit kuman untuk berkembang biak. Beberapa orang tua mengaplikasikan karpet untuk menghindarkan anak bermain pada lantai yang kotor. Namun, karpet juga tidak serta merta terbebas dari kuman dan bahkan bisa jadi memicu aleri pada sang buah hati. Untuk mengatasinya, mau tidak mau orang tua harus membersihkan lantai dengan air sabun dengan rutin sehingga debu, kotoran, dan kuman pun bisa menghilang dan aman dipakai untuk bermain oleh anak-anak.

Kadangkala anak akan membuka sendiri lemari es saat mereka lapar atau haus. Sayangnya, tanpa disadari lemari es juga cenderung memiliki kuman yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan banyak bahan makanan yang silih berganti mengisi lemari es sehingga ada kemungkinan kuman ikut terbawa masuk ke dalam lemari es. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya dinding dan laci lemari es kerap dibersihkan.

Anak yang bermain-main di taman atau kebun tentu akan terlihat mengasyikkan. Namun, awas, jangan sampai anak menyentuh kotoran yang ada pada tanah yang tentu akan berbahaya bagi kesehatannya. Cobalah untuk mencari area taman atau kebun yang tidak pernah dilewati hewan peliharaan sehingga akan aman untuk dipakai bermain. Omong-omong tentang hewan peliharaan, ada baiknya kini hewan peliharaan juga rutin dimandikan agar saat dipegang oleh sang buah hati, tidak akan ada kotoran, virus, bakteri, atau bahkan kuman yang berpindah dari bulu hewan kesayangan ke buah hati kita.