Awas, Beberapa Peralatan Masak Ini Bisa Beracun dan Membahayakan Kesehatan

DokterSehat.Com – Saat kita ingin memasak atau bahkan membeli makanan, kita tentu akan memikirkan tentang rasa makanan, kandungan nutrisinya, hingga kebersihannya sebelum dikonsumsi bukan? Namun, pernahkah anda mempertimbangkan bagaimana cara makanan tersebut diolah sebelum disajikan di atas meja makan?



Pakar kesehatan menyebutkan jika tanpa kita sadari, cara pengolahan makanan atau bahkan penggunaan beberapa peralatan memasak ternyata bisa membuat makanan yang kita santap memiliki kandungan bahan kimia atau zat beracun yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Tak tanggung-tanggung, kita bahkan bisa beresiko terkena kanker, masalah berat badan, atau bahkan gangguan kesuburan. Berikut ini adalah beberapa peralatan masak yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Logam dari aluminium foil
Aluminium foil adalah salah satu peralatan masak yang banyak digunakan sebagai pembungkus makanan yang dipanggang di dalam oven. Dengan menggunakan peralatan memasak ini, maka makanan bisa matang dengan sempurna namun meninggalkan tekstur yang lembut di dalamnya. Memang, banyak makanan yang diproses dengan aluminium foil ini terasa sangat enak untuk dikonsumsi. Sayangnya, jika kita kerap mengkonsumsinya, kita bisa terpapar racun logam yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit Parkinson, Alzheimer, dan beberapa jenis gangguan otak lainnya.

Asam perfluorooctanoic di peralatan masak anti lengket
Beberapa jenis panci dan wajan yang berlabel anti lengket atau non-stick ternyata mengandung asam perfluorooctanoic. Jika kita memanaskan alat masak ini beserta makanan di dalamnya, maka dikhawatirkan kandungan asam ini bisa keluar dan tercampur pada makanan yang kita santap. Kerap terpapar kandungan asam ini dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan kesuburan, masalah kenaikan berat badan, hingga gangguan konsentrasi bagi anak.

Politetrafluoroetilen
Peralatan memasak yang berlabel anti lengket atau non-stick ternyata juga memiliki kandungan zat kimia ini. Jika tubuh kerap terpapar politetrafluoroetilen, kita bisa meningkatkan resiko terkena nyeri sendi, masalah pencernaan, kanker, hingga gangguan pada tulang.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk menurunkan frekuensi penggunaan alat-alat masak tersebut dan jika memungkinkan, gantilah dengan peralatan memasak yang jauh lebih aman untuk digunakan.