Awas, Bahaya Kesehatan Jika Memiliki Keinginan Berlebihan Untuk Memakan Sesuatu

DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki selera masing-masing dalam memilih camilan. Ada yang menyukai makanan yang memiliki rasa manis layaknya biskuit cokelat. Ada pula yang memilih makanan asin layaknya kreker keju atau keripik kentang. Sayangnya, jika kita memiliki keinginan berlebihan untuk mengkonsumsi makanan asin atau manis, maka kita harus mewaspadai kondisi kesehatan kita mengingat keinginan ini bisa menandakan adanya perubahan dalam kondisi tubuh. Sebagai contoh, jika kadar magnesium dalam tubuh cukup rendah, maka kita pun akan cenderung menginginkan makanan yang manis atau berasa cokelat.

doktersehat-keripik-soda

Keinginan memakan makanan secara berlebihan, atau secara medis disebut sebagai food craving memang memiliki beragam jenisnya. Pakar kesehatan sendiri memang masih mendebatkan kemungkinan adanya hubungan antara faktor emosional dengan keinginan berlebihan mengkonsumsi makanan. Namun, sebagian pakar kesehatan masih meyakini jika kekurangan nutrisi menjadi penyebab utama munculnya food craving seperti sebagai berikut.

Jika kita memiliki keinginan berlebihan untuk mengkonsumsi makanan asin, bukan berarti tubuh kita sedang kekurangan asupan garam. Tahukah anda, makanan berat yang sehari-hari kita konsumsi sudah memiliki kadar garam yang cukup tinggi dan memenuhi kebutuhan garam harian. Jika anda termasuk sering menginginkan makanan asin, bisa jadi anda mengalami penyakit addison, sebuah kondisi dimana hormon-hormon penting dalam tubuh tidak bisa diproduksi secara cukup oleh kelenjar adrenal.

Jenis food craving yang juga banyak dialami oleh banyak orang adalah keinginan untuk meminum air terus menerus meskipun sudah banyak minum air putih. Anda harus mewaspadai keinginan berlebih untuk minum ini karena bisa menjadi tanda awal dari diabetes. Adanya kelebihan kadar gula dalam darah akhirnya membuat ginjal bekerja dengan sangat keras dalam menyaring darah. Kondisi ini akan membuat tubuh memberikan tanda untuk terus membutuhkan air minum sekaligus sering buang air kecil.

Baca Juga:  Terlalu Banyak Memakan Serat Ternyata Kurang Baik

Satu hal yang pasti, jika keinginan untuk memakan sesuati ini sering terjadi, bukan hanya karena satu atau dua kali karena keinginan sesaat, maka ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dan berbagai penyakit berbahaya pun bisa dicegah.