Awas, Bahan Kimia dalam Shampo Picu Kanker!

Doktersehat.com – Shampo memang dibutuhkan untuk membersihkan rambut dari kotoran atau debu yang menempel di kulit kepala. Tapi tak semua kandungan bahan kimia dalam shampo aman untuk kesehatan Anda. Sebaiknya perhatikan kandungan apa saja yang terdapat dalam shampo yang Anda beli. Berikut bahan berbahaya dalam shampo yang harus dihindari:



Sodium Lauryl/Laureth Sulfate

Waspadalah jika shampo yang Anda gunakan mengandung Sodium Lauryl sebab bahan kimia ini sering digunakan untuk detergen dan bahan pembersih di berbagai industri. Bahayanya, penggunaan bahan kimia ini bisa berubah menjadi zat penyebab kanker (karsinogenik)

Dietanolamina

Bahan kimia ini juga bisa menjadi pemicu kanker. Karsinogenik dapat mengakibatkan kanker secara langsung dengan cara bermutasi pada DNA sel tubuh atau secara tidak langsung melalui pembelahan sel sehingga gagal menciptakan sel yang sempurna. Kegagalan itu menyebabkan timbulnya sel kanker.

Parabens

Parabens juga sering ditemukan dalam kosmetik. Bahan kimia ini bisa menyebabkan timbulnya kanker kulit.

Formaldehyde

Bahan kimia ini sering dimanfaatkan untuk mengawetkan jenazah sehingga sangat berbahaya jika digunakan untuk shampo. Shampo yang mengandung bahan ini bisa mengakibatkan luka bakar, radang kulit, dan inflamasi.

Ammonium Lauryl, Laureth Sulfate, dan Ammonium Xylene Sulfonate

Kandungan ketiga zat tersebut dalam shampo berguna untuk membersihkan dan menimbulkan busa. Tapi penggunaan ketiga bahan tersebut dapat membuat rambut menjadi kering.

Sebaiknya gunakanlah shampo yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Cek kandungan yang terdapat dalam shampo sebelum Anda menggunakannya.

Sumber: wolipop.detik.com