Awas Asap Rokok Dapat Ganggu Pendengaran

DokterSehat.Com – Kita tentu sudah mengetahui bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya untuk si perokok, namun juga bagi orang yang ada di sekitarnya. Selain menyebabkan masalah pada paru-paru, ternyata asap rokok juga bisa merusak pendengaran anda.



Dampak buruk ini dipelajari oleh peneliti dari New York University School of Medicine terhadap 1.500 remaja berusia 12-19, dalam riset gizi dan nutrisi nasional tahun 2005-2006 yang dipublikasikan kembali.

Remaja yang sering menghisap asap rokok dari perokok aktif, memiliki dampak risiko dua kali lipat mengalami gangguan pendengaran. Dalam riset tersebut para remaja diuji darahnya untuk mengetahui kadar zat continine yang merupakan pecahan nikotin, salah satu racun pada rokok. Juga, kemampuan pendengaran mereka ikut diperiksa.

Hasilnya cukup mengejutkan. Ditemukan fakta terjadi permasalahan pada koklea telinga yang mengganggu fungsi pendengaran. Ini jenis gangguan pendengaran yang biasanya terjadi akibat faktor usia atau dialami anak yang lahir dengan tuli bawaan, ujar Dr Michael Weitzman dalam  jurnal Archives of Otolarygonology, sesuai rilis YahooNews.

Koklea adalah organ dalam telinga yang memiliki kemampuan untuk mengirim pesan ke syaraf pendengaran dan otak. Keadaan ini biasanya hanya ditemui akibat faktor usia atau bawaan dari kecil.

Meski kasus ini baru diujikan kepada remaja, namun hasil penelitian menunjukkan bahwa asap rokok memiliki implikasi terhadap kesehatan masyarakat. Mereka yang bukan perokok aktif, turut merasakan akibat negatif rokok karena tanpa sengaja menghisap asapnya yang berbahaya.