Awas, Alat Pemancung Hidung Instan Ternyata Berbahaya

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu mendambakan wajah yang cantik agar bisa mendapatkan kepercayaan diri saat bertemu dengan banyak orang atau melakukan berbagai aktifitas. Sayangnya, untuk mendapatkan wajah yang cantik ini, banyak wanita yang memilih untuk menggunakan cara instan yang belum tentu baik bagi kesehatan. Sebagai contoh, kini penggunaan alat pemancung hidung instan atau yang disebut sebagai nose filter cukup banyak digemari kaum hawa setelah banyak blogger kecantikan yang merekomendasikannya. Meskipun memang membuat hidung kita lebih mancung dalam waktu 30 detik saja, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika ada bahaya dari penggunaan alat ini.

doktersehat-hidung-muka-sindrom-kallmann

Kita bisa mengambil contoh dimana seorang vlogger asal Filipina bernama Raiza Contawi menggunakan nose filter ini pada akun youtubenya. Menurut Raiza, alat yang menggunakan stick khusus yang dimasukkan ke dalam lubang hidung dan di luar hidung ini mampu membentuk hidungnya agar tidak terlihat pesek, lebar, dan lain sebagainya. Meskipun memang terlihat praktis, pakar kesehatan Richard Harvey dari Sidney, Australia, justru sama sekali tidak menyarankan penggunaan dari alat ini.

Menurut Harvey, alat ini sangatlah berbahaya bagi tulang rawan hidung sehingga andai kerap menggunakannya, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada batas tulang organ dan menimbulkan luka. Selain itu, penggunaan tulang ini juga bisa memicu kerusakan permanen pada tulang hidung dimana tulang bisa semakin masuk ke bagian dalam.

Andai wanita ingin mengubah bentuk hidungnya agar terlihat lebih cantik, Havey ternyata menyarankan kaum hawa untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter bedah kosmetik alih-alih dengan menggunakan cara instan yang berbahaya seperti ini. Dengan melakukan konsultasi, maka kita pun bisa mendapatkan saran untuk menggunakan terapi atau cara apa yang tepat dan aman untuk mendapatkan hidung yang lebih baik.