Awas, Ada Bahaya Mengintai Anak yang Duduk di Troli Belanja

DokterSehat.Com – Kita tentu terbiasa melihat anak yang duduk di troli belanja saat orang tuanya berada di supermarket bukan? Selain bisa membuat anak merasa senang karena seakan-akan mereka sedang berkendara, orang tua juga tidak perlu repot untuk menggendong atau memegangnya setiap saat. Namun, kini orang tua harus berhati-hati dengan kebiasaan ini karena ada sebuah kasus mengerikan terjadi di Australia dimana seorang anak terkena diare parah setelah terjangkit virus akibat duduk di atas troli belanja. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anak-kecil-duduk-troli

Vivienne mengajak sang anak berusia 10 bulan yang bernama Logan. Layaknya orang tua lainnya, Vivienne meletakkan sang anak di troli belanja di Helensvale, Gold Coast, Queensland, pada 13 September lalu. Sayangnya, sehari kemudian sang anak langsung muntah-muntah, diare, dan demam parah. Bahkan, diare yang terjadi pada Logan disertai dengan buang air besar! Vivienne pun langsung melarikan sang buah hati ke rumah sakit dan betapa terkejutnya Ia saat sang anak terkena salmonella, rotavirus, adenovirus, dan juga meningitis. Bakteri dan virus-virus tersebut bisa menyebabkan masalah besar pada usus, saluran pernafasan, mata, atau saluran pernafasan. Mereka bisa masuk ke tubuh melalui kontak langsung pada benda atau orang-orang yang sudah terkontaminasi. Vivienne pun berpikir jika hal ini terjadi karena Ia mendudukkan sang anak di troli belanja yang tidak bersih sebelumnya karena sang anak hanya meminum susu saja sebelumnya.

Dalam realitanya, troli belanja memang sangat jarang dibersihkan karena memang tujuannya hanya untuk menjadi tempat barang belanjaan saja, sehingga akan kurang higienis untuk dijadikan tempat duduk dan berpotensi menularkan berbagai kuman, bakteri, hingga virus. Vivienne memang tidak menyalahkan pihak supermarket, namun Ia mengingatkan orang tua lainnya untuk setidaknya membersihkan troli belanja terlebih dahulu sebelum diduduki oleh anaknya.

Baca Juga:  Warna Tinja Bisa Menjadi Penanda Kesehatan Anda

Setelah delapan hari dirawat di UGD dan dilanjutkan dengan dua hari perawatan medis di rumah sakit, Logan akhirnya bisa sembuh dan dibawa ke rumah. Vivienne pun lega karena anaknya bisa melalui semua ini dengan selamat.