Awas, 4 Macam Racun Serang Jantung Ini Harus Dihindari

DokterSehat.Com – Jantung adalah sebuah pompa yang memiliki empat bilik. Dua bilik yang terletak di atas disebut Atrium, dan dua yang di bawah disebut Ventrikel. Jantung juga dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kanan yang bertugas memompa darah ke paru-paru, dan bagian kiri yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Atrium dan ventrikel masing-masing akan dipisahkan oleh sebuah katup, sedangkan sisi kanan dan kiri jantung akan dipisahkan oleh sebuah sekat yang dinamakan dengan septum. Katup jantung berfungsi terutama agar darah yang telah terpompa tidak kembali masuk ke dalam lagi.

14

Nah, untuk menjaga kesehatan jantung, Anda juga harus tahu apa yang bisa membahayakan jantung Anda. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab rusaknya jantung, seperti misalnya racun.

Berikut ini beberapa racun yang bisa menyerang jantung :

  1. Kemoterapi kanker
    Jika Anda mengidap penyakit kanker, maka pengobatan kanker berupa kemoterapi sebenarnya justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Obat-obatan untuk membunuh sel kanker dari kemoterapi sangat kuat sehingga juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan jantung. Kardiotoxic atau racun yang bisa menyerang jantung, paling umum dikenal dengan disfungsi ventrikel kiri atau gagal jantung. Hal ini bisa terjadi kepada pasien kanker payudara yang menjalani echocardiogram atau ultrasound, atau scan jantung, sebelum menerima obat kemoterapi. Hal ini diketahui bersifat kardiotoxic.
  1. Radiasi treatment kanker
    Radiasi untuk pengobatan kanker bisa bermacam-macam, bukan hanya kemoterapi saja. Untuk pasien dengan kanker payudara, radiasi bisa mengenai jantung dan hal ini bisa berbahaya. Jika pasien diberikan dosis tinggi, hal ini dapat merusak jantung yang menyebabkan peningkatan kematian akibat penyakit jantung.
  1. Radiasi Ct scan
    Paparan radiasi dari computed tomography atau CT scan juga bisa membahayakan jantung Anda. CT scan termasuk yang sering digunakan untuk mendeteksi penyakit. Sinar X yang digunakan mengandung 0.1 millisieverts radiasi, dan jika Anda melakukan banyak treatment CT scan, maka akan semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung.
  1. Merkury pada ikan laut
    Hal ini sudah umum jika merkuri termasuk salah satu radioaktif sekaligus menjadi racun yang berbahaya untuk tubuh. Biasanya, ikan air laut memiliki banyak kandungan merkuri, itulah mengapa asupan ikan laut dibatasi hanya 2 porsi per minggu. Bukan hanya bahaya untuk jantung, namun merkuri yang ada di dalam tubuh terlalu banyak juga berbahaya untuk seluruh organ tubuh.
Baca Juga:  Bakteri Mulut Penyebab Sakit Jantung

Jadi, itu dia beberapa bahaya racun yang bisa menyerang jantung kapan saja. Jika Anda ingin tetap menjaga kesehatan jantung, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan bukan?