Awas! 3 Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

DokterSehat.com – Kanker payudara menjadi salah satu dari sekian jenis kanker yang paling ditakuti oleh para wanita. Sejatinya kanker payudara timbul sebagai akibat perkembangan sel kanker secara abnormal pada area payudara. Apabila kanker ini terdeteksi sejak dini, pada umumnya tingkat kesembuhan masih terbilang tinggi, akan tetapi apabila kanker payudara baru terdeteksi setelah stadium lanjut, kemungkinan untuk sembuh cenderung menurun.



Factor pengaruh lingkungan dan genetic memang telah diketahui dapat memicu timbulnya penyakit kanker payudara. Namun, ditemukan fakta baru diluar dua factor tersebut yang ternyata juga dapat memicu timbulnya penyakit kanker payudara.

Tiga kebiasaan ini sebaiknya segera dihindari untuk meminimalisir risiko kanker payudara:

  • Mengkonsumsi 3 Gelas Wine

Mengkonsumsi satu gelas wine sehari memang telah terbukti dapat mencegah beberapa jenis penyakit. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa segala sesuatu yang berlebihan dapat menimbulkan dampak tidak baik. Termauk konsumsi wine dalam porsi yang berlebihan. Konsumsi 7 hingga 14 gelas wine dalam seminggu terbukti dapat memicu peningkatan risiko kanker payudara sampai 60%.

  • Terlalu Sering Bermalas-Malasan di Sofa

Duduk santai atau berlehan-leha di sofa setelah seharian beraktivitas memang diperlukan tubuh. Namun, jika terlampau sering dilakukan bahkan sampai memakan waktu untuk berolahraga dapat membawa dampak buruk bagi tubuh, salah satunya adalah peningkatan risiko kanker payudara.

  • Terlalu Sedikit Tidur

Kurang waktu tidur ternyata tidak hanya mengakibatkan orang sulit berkonsentrasi pada esok harinya, tetapi juga mengakibatkan meningginya risiko kanker payudara. Sebuah riset terbaru mendapati fakta bahwa kualitas waktu tidur yang baik dapat mengurangi risiko perkembangan kanker payudara.

Pastikan Anda memiliki pola hidup sehat dengan menghindari wine, rutin berolahraga, dan memiliki cukup waktu untuk beristirahat agar Anda terhindar dari keganasan kanker payudara!