Awas! 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Ginjal Anda

doktersehat-rokok-mudah-sakit-resiko-jantung-stroke

DokterSehat.Com– Hari Ginjal Dunia diperingati┬áhari ini, 8 Maret 2018. Ini adalah kampanye kesadaran global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal Anda untuk mengurangi jumlah penyakit ginjal.

Ginjal adalah salah satu organ terpenting tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah membuang kelebihan air dari tubuh dan juga membantu menampung air saat tubuh membutuhkan lebih banyak. Ginjal mendetoksifikasi darah dan menyaring produk limbah melalui air kencing.

Selain itu, ginjal membantu mengatur kadar mineral seperti kalsium dan fosfat dalam tubuh. Ginjal juga memproduksi hormon penting yang membantu dalam mengatur fungsi tubuh seperti tekanan darah dan produksi sel darah merah.

Jadi, sangat penting untuk menjaga agar ginjal tetap berfungsi dengan baik, dengan menyadari 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal Anda, seperti melansir Boldsky, berikut ini.

doktersehat-obat-Kompleks-Tuberous-Sclerosis
pic credit: jamie

1. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit berlebihan
Obat tanpa resep dokter atau obat bebas dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri, tapi risikonya juga bisa merusak ginjal Anda. Hal ini bisa memperburuk masalah ginjal Anda jika Anda sudah menderita penyakit ginjal. Jadi, kurangi asupan obat penghilang rasa sakit jika Anda rutin mengonsumsinya.

doktersehat-anak-makan-burger-junk-food

2. Konsumsi makanan olahan
Makanan olahan dikemas penuh fosfor dan sodium. Orang yang menderita penyakit ginjal harus membatasi fosfor dalam makanan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan makanan fosfor tinggi seperti makanan olahan dapat menjadi ancaman bagi ginjal Anda.

garam-epsom-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

3. Terlalu banyak garam berakibat buruk
Makanan mengandung tinggi garam yang dikemas dengan sodium bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini dapat membahayakan ginjal Anda, karena ginjal perlu bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang menempatkan Anda pada peningkatan risiko penyakit ginjal.

doktersehat-wanita-olahraga-exercise-lari-sehat-minum-air-putih

4. Kurang minum air
Jika tubuh Anda terhidrasi, ini membantu ginjal Anda membersihkan racun dari dalam tubuh. Minum banyak air adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal. Sementara orang yang menderita gagal ginjal perlu membatasi asupan cairannya.

makan-daging-doktersehat
Photo Credit: Reader’s Digest

5. Terlalu banyak makan daging
Protein hewani menghasilkan banyak asam dalam darah setelah Anda mengonsumsi daging. Hal ini bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis. Asidosis adalah suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat mengeluarkan asam lebih cepat. Protein hewani sangat dibutuhkan tubuh namun konsumsi berlebihan bisa berakibat fatal bagi ginjal.

doktersehat-insomnia-tidak-bisa-tidur

6. Kurang tidur
Tidur sangat penting bagi tubuh, karena akan melemaskan otot otak dan tubuh Anda. Tidur nyenyak diperlukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun, yang membantu mengkoordinasikan kerja ginjal lebih dari 24 jam.

doktersehat-cake-cupcake
Photo Credit: Emily Carlin

7. Konsumsi makanan mengandung gula berlebih
Gula adalah makanan lain yang menyebabkan obesitas, ini meningkatkan risiko Anda terkena diabetes dan tekanan darah tinggi. Makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih bisa menyebabkan penyakit ginjal.

alkoholisme-kecanduan-alkohol
Photo Credit: SteadyHealth

8. Kelebihan minum alkohol
Rutin minum alkohol dalam jumlah berlebih bisa melipatgandakan risiko penyakit ginjal kronis. Peminum berat biasanya memiliki peningkatan risiko masalah ginjal. Jadi, batasi minum alkohol untuk melindungi ginjal Anda.

doktersehat-paru-rokok-kanker

9. Merokok
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, merokok berakibat buruk untuk setiap organ tubuh, termasuk ginjal. Merokok juga meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan mengurangi aliran darah ke ginjal.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

10. Jarang kencing
Sering buang air kecil adalah cara membuang racun dari tubuh. Jika Anda tidak sering buang air kecil, itu bisa berbahaya bagi ginjal Anda. Seiring waktu, hal ini bisa mengakibatkan terbentuknya batu ginjal dan juga menyebabkan penyakit ginjal.

doktersehat-sakit-perut-mulas-Infeksi-Saluran-Kemih -isk

11. Mengabaikan infeksi
Jika Anda menderita infeksi yang umum, mulailah minum antibiotik. Jika infeksi tidak diobati tepat waktu, hal itu bisa membahayakan ginjal Anda. Begitu pun, jika infeksi virus tidak diobati, bisa merusak ginjal Anda.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik