Aturan Penggunaan Tabir Surya

Doktersehat.com – Paparan sinar matahari akan menimbulkan dampak buruk pada kulit. Oleh karena itu, kulit butuh perlindungan ekstra untuk mencegah timbulnya masalah seperti kulit terbakar bahkan kanker kulit.



Salah satu perlindungan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan pelembab kulit atau tabir surya yang mengandung SPF.

Bahkan kini hampir seluruh produk kecantikan mengandung SPF untuk mencegah efek buruk radiasi sinar matahari. Tapi apakah penggunaan SPF berlapis-lapis seperti tabir surya, compact powder, dan pelembab bisa bekerja secara optimal menangkal efek buruk sinar matahari?

Pada kenyataannya walaupun Anda menggunakan produk tabir surya dengan SPF 25, ditambah pelembab dengan SPF 15, dan compact powder dengan SPF 15 bukan berarti Anda sudah melindungi kulit dengan total SPF sebesar 55.

Dalam melindungi kulit Anda, SPF 25 yang merupakan SPF paling tinggilah yang paling berperan. Maka, sangat penting untuk memilih produk tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Sebagai perlindungan sehari-hari bagi Anda yang berada di dalam kota sebaiknya gunakan produk yang mengandung SPF 15 saja. Bila Anda ingin bepergian ke daerah pantai sebaiknya gunakan produk dengan SPF 25.

Sementara bagi Anda yang ingin berenang atau diving, gunakanlah SPF 50 dan ulangi penggunaan tabir surya setiap 6 jam.

Sumber: femina.co.id