Cacingan, Performa Atlet Ini Menurun Drastis

doktersehat_carson_meyer
Photo Source: Fox News

DokterSehat.Com– Carson Meyer, atlet hoki es berusia muda yang membela Columbus Blue Jackets dan dianggap memiliki prospek cerah setelah tahun lalu membela Miami University mengalami penurunan performa dengan drastis sehingga tak mampu bermain dengan baik selama kompetisi musim dingin lalu. Tak disangka, penyebab penurunan performa ini adalah karena masalah cacingan yang dideritanya.

Dilansir dari Fox News, cacingan memang bisa mempengaruhi kesehatan dan energi tubuh secara keseluruhan. Bahkan, bagi anak-anak, cacingan bisa menyebabkan masalah pertumbuhan. Khusus untuk kasus yang dialami oleh Carson, ia mengalami penurunan nafsu makan, berat badan, dan energi dengan drastis sehingga tak pernah mampu kembali bermain bagus bagi timnya.

Februari 2018 lalu, saat Carson buang air besar, ia melihat sesuatu keluar dari tubuhnya, yakni bagian dari cacing pita berwarna oranye. Carson langsung panik dan menelepon ibunya. Sang ibu langsung meminta Carson melaporkan hal ini kepada pelatih tim agar bisa mendapatkan solusi.

Pihak tim pun langsung mengadakan pemeriksaan kesehatan mendalam. Saat itulah Carson didiagnosis terinfeksi cacing pita dengan panjang lebih dari 60 cm. Cacing ini berjenis diphyllobothrium latum dan diduga masuk ke dalam tubuh Carson karena mengonsumsi daging ikan yang belum benar-benar matang.

Meskipun kemudian cacing ini bisa dikeluarkan dari tubuh Carson, tetap saja performa buruknya di musim lalu berimbas pada tidak berminatnya lagi tim yang dibelanya memperpanjang kontraknya. Kini, ia sedang berusaha untuk pindah ke tim lain yang ada di Ohio. Carson juga mengaku sudah kehilangan selera makannya pada daging ikan akibat pengalaman buruk ini.

Kasus yang dialami menjadi pembelajaran bagi kita untuk memasak daging, khususnya daging ikan hingga benar-benar matang agar tidak mengalami masalah cacingan.