Atiqah Hasiholan Melahirkan, Apakah Menjalani Lotus Birth?

DokterSehat.Com – Sebuah kabar menggembirakan datang dari pasangan artis Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto. Menjelang Hari Raya Lebaran ini, Atiqah akhirnya melahirkan bayi yang cantik. Kabar ini menjadi viral di media sosial setelah Rio Dewanto memposting foto anaknya yang baru saja dilahirkan. Foto anak dari pasangan ini pun kemudian menjadi perbincangan banyak orang karena adanya tali pusat yang masih berada di sekitar tubuh bayi. Banyak orang yang menduga jika Atiqah melakukan metode persalinan lotus birth.

doktersehat-atiqah-hasiholan-placenta

Cukup banyak selebritis lainnya yang memilih untuk melahirkan dengan metode lotus birth dan memposting foto buah hatinya dengan tali pusat yang masih berada di sekitar tubuh bayi. Sebagai contoh, bayi milik penyanyi jazz Andien atau anggota trio legendaris Widi B3 juga dilahirkan dengan metode kelahiran ini.

Metode persalinan lotus birth sendiri memang memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan metode persalinan normal. Pada metode persalinan biasa yang dilakukan oleh sebagian besar ibu hamil, tali pusat bayi langsung segera dipotong tatkala bayi sudah terlahir namun plasentanya masih ada dalam tubuh ibunya. Sementara itu, jika ibu melakukan metode persalinan lotus birth, tali pusat ini tetap dibiarkan pada tubuh bayi dan masih tersambung dengan plasenta. Menurut pakar kesehatan di bidang kehamilan bernama dr. Taufik Jamaan, metode ini akan membuat tali pusat dibiarkan begitu saja hingga copot dengan sendirinya.

Metode lotus birth ini sendiri masih menjadi hal yang kontroversial bagi banyak pihak. Bagi sebagian pakar kesehatan, jika tali pusat plasenta ini dibiarkan begitu saja, plasenta ini dikhawatirkan masih memiliki darah yang bisa saja menyebabkan infeksi pada tubuh bayi. Memang, hingga saat ini masih belum ada kasus kematian yang disebabkan oleh metode persalinan lotus birth mengingat jumlah ibu yang melakukannya juga masih cenderung sedikit. Hal ini sangat kontras dengan yang terjadi di India dimana cukup banyak ibu yang memilih untuk menggunakan metode persalinan ini.