Atasi Stress Dengan Mewarnai

DokterSehat.Com– Aktifitas kehidupan modern yang cenderung padat membuat kita cenderung lebih mudah terkena stress. Yang menjadi masalah adalah, stress ini bisa membuat kita semakin tidak produktif dan bisa meningkatkan resiko terkena berbagai macam penyakit. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk pandai-pandai mengendalikan stress, khususnya di akhir pekan seperti ini. Tak harus pergi ke tempat wisata yang seringkali juga ramai oleh pengunjung atau harus membuat kita melewati kemacetan, kita bisa mengatasi stress dengan cara yang mudah seperti mewarnai.



Jangan salah, mewarnai bukan hanya untuk anak-anak saja, lho. Kita yang sudah dewasa tidak ada salahnya untuk mewarnai karena memang bisa memberikan manfaat besar dalam mengatasi stress. Menurut pakar kesehatan, mewarnai ternyata memiliki efek kesehatan layaknya bermeditasi. Tak hanya membuat kita mengatasi rasa bosan, mewarnai juga akan membuat pikiran kita lebih tenang dan fokus. Fokus yang tertuju pada gambar dan warna ini ternyata bisa membuat kita melupakan berbagai masalah dan beban pikiran yang sedang kita hadapi. Manfaat mewarnai lainnya adalah kemampuannya dalam mengusir berbagai pikiran negatif. Tak hanya itu, kita juga bisa menghilangkan rasa cemas yang berlebihan.

Manfaat luar biasa dari mewarnai lainnya adalah melatih kemampuan motorik kita. Saat melakukannya, otak kanan dan kiri kita akan bekerja dengan maksimal, khususnya dalam menyeimbangkan warna-warna. Apalagi jika yang diwarnai adalah gambar yang cenderung rumit.

Mengingat stress bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang cukup serius seperti maag, iritasi pada usus besar, atau bahkan serangan jantung, ada baiknya memang kita rajin-rajin mengatasi stress, termasuk dengan cara mewarnai gambar ini. Tak perlu harus repot-repot, kita hanya perlu membeli buku gambar atau buku mewarnai yang banyak tersedia di toko buku dan tinggal mewarnainya.