Atasi Stres Selama Kehamilan

DokterSehat.Com – Setiap wanita yang telah menikah dan menjalani bahtera rumah tangga pasti mendambakan memiliki buah hati hadir ditengah-tengah keluarga kecilnya sebagai malaikat penghibur ditengahyang mengisi kebahagian sehari-harinya. Selain itu, gelak canda kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga akan menambah suasana yang lebih hidup dan lebih bahagia dalam menjalani hidup bersama keluarga.

5

Namun demikian sebelum memiliki buah hati, para wanita yang akan menjadi calon ibu akan melewati masa kehamilan yang dibagi menjadi beberapa tahapan. Perkembangan janin dalam kandungan tentu akan menguras pikiran dan tenaga sang calon ibu.

Umumnya pada trimestar pertama dan kedua, ibu hamil akan mengalami sejumlah perubahan dan gangguan fisik yang cukup signifikan seperti rasa mual, muntah hingga kelelahan. Perkembangan janin di dalam kandungan ibu hamil lebih cenderung akan mengarah pada tekanan dan stres yang cukup tinggi. Disisi lain ibu hamil memerlukan asupan gizi yang cukup untuk menyeimbangkan dengan perkembangan janin selama masa kehamilannya.

Stres adalah keluhan medis yang paling banyak ditemukan pada ibu hamil, hal ini dikarenakan kondisi fisik serta kesalahan pola pikir selama masa kehamilan. Apabila dibiarkan berlarut-larut, kondisi stres tersebut tentu akan berdampak buruk untuk kesehatan ibu dan janinnya. Mengatur asupan gizi serta mengendalikan pola pikir adalah salah satu cara untuk menghindari stres selama masa kehamilan.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi stres selama masa kehamilan :

  • Tekad untuk keluar dari stres
    Hal pertama yang harus ada adalah tekad dari dalam diri Anda sendiri agar tidak membiarkan diri berlarut-larut dalam masalah Anda, pandanglah bahwa masalah Anda pasti memiliki jalan keluar dan masih banyak orang yang mengalami situasi lebih buruk dari Anda. Coba selidiki akar permasalahannya dan cobalah cari jalan keluarnya.
  • Istirahat
    Pastikan agar Anda cukup tidur setiap harinya, kurang tidur akan membuat keadaan semakin buruk dan menimbulkan suasana hati yang tidak stabil sehingga perasaan Anda semakin tidak enak. Kurang istirahat juga membuat Anda semakin cepat lelah dan mudah terserang penyakit.
  • Makanan bergizi
    Walau dalam kondisi yang tidak baik, asupan gizi dari makanan harus tetap diperhatikan agar tubuh Anda tetap mendapatkan gizi yang cukup. Gizi yang baik tidak hanya akan menguatkan Anda tetapi juga akan membantu perkembangan janin.
  • Olahraga
    Selain akan membuat tubuh lebih segar, manfaat lainnya adalah dapat meredakan stres. Hanya saja, saat hamil, tidak diperkenankan melakukan olahraga yang berat atau dalam porsi yang berlebihan. Anda mungkin dapat berjalan-jalan sejenak di taman pada pagi hari. Tanyakan kepada dokter apa olahraga yang dapat dilakukan selama masa kehamilan.
  • Komunikasi
    Untuk mengurangi beban Anda, ceritakan masalah Anda pada orang yang tepat. Bercerita kepada sahabat, keluarga atau teman hidup dapat menjadi pilihan. Selesai menceritakan masalahnya, seseorang dapat merasa lebih lega.
  • Konsultasikan dengan dokter
    Jika Anda masih belum sanggup untuk keluar dari stres. Cobalah untuk menceritakan hal tersebut kepada dokter yang menangani Anda. Dengan pengalamannya, seorang dokter mungkin telah menangani kasus-kasus yang serupa dengan yang Anda alami sehingga dapat memberikan solusi. Dokter juga dapat melihat apakah Anda membutuhkan seorang psikiater untuk membantu Anda atau tidak dan memberi rujukan yang tepat
Baca Juga:  Sekilas Tentang Kanker Hati

Nikmatilah masa-masa kehamilan Anda dan jangan biarkan stres mengganggu Anda atau bayi mungil yang sedang ada dalam rahim Anda.