Stres Saat Program Hamil? Atasi Dengan Cara Ini

DokterSehat.Com– Menjalani program hamil merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup Anda dan pasangan. Anda tentu tidak sabar menanti hadirnya si kecil dalam dekapan. Namun terkadang menjalani program hamil tidak semudah yang dibayangkan. Gangguan bisa saja terjadi, termasuk salah satunya stres.

Mengatasi stres saat program hamil

Saat menjalani program hamil, Anda disarankan untuk menghindari stres. Kondisi pikiran dan fisik yang tidak prima dapat memengaruhi kesuksesan program hamil yang Anda jalani. Apabila di tengah program hamil Anda merasakan stres, berikut ini beberap tips yang bisa Anda coba untuk mengatasinya:

1. Menenangkan diri

Stres bisa datang dari mana saja. Baik pekerjaan, masalah di rumah dengan keluarga, termasuk dari pikiran atau ketakutan Anda sendiri. Untuk mengatasinya, hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menenangkan diri. Dengan menenangkan diri, Anda bisa merasa berpikiran positif dan meredakan stres. Beberapa cara menenangkan diri yang disarankan antara lain meditasi, yoga, dan pijat.

2. Olahraga teratur

Berolahraga teratur dapat membantu Anda meredakan stres. Tak perlu melakukan olahraga berat, cukup berolahraga ringan selama 30 menit per hari dan 3 kali seminggu dapat membatu Anda mengatasi stres dengan lebih baik. Anda bisa memilih olahraga favorit Anda agar lekbih semnagat untuk melakukannya.

3. Mengalihkan pikiran

Jika yang membuat Anda stres adalah karena menanti kehamilan yang tak kunjung hadir, sebaiknya Anda mengalihkan fokus pada hal lain dalam kehidupan Anda. Singkirkan kekhawatiran dan ketakutan Anda yang belum tentu terjadi dan tanamkan afirmasi positif dalam pikiran Anda. Pikiran positif dapat membantu Anda lebih tenang dan lebih mudah menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Bicarakan dengan orang lain

Saat stres, Anda mungkin butuh teman berbagi untuk mengurangi beban pikiran yang Anda rasakan. Tak ada salahnya membicarakan masalah Anda pada orang lain yang Anda percaya Seperti suami, sahabat, dokter, atau psikolog. Dengan berbagi Anda dapat mendapatkan dukungan dan sudut pandang lain yang dapat membantu Anda menghadapi stres.

5. Nikmati waktu dengan pasangan

Selama belum dikaruniai momongan, Anda dan pasangan bisa menikmati momen berdua bersama-sama. Manfaatkan waktu bersama untuk membina hubungan yang harmonis bersama pasangan. Suasana hangat yang Anda rasakan ketika bersama pasangan juga dapat membantu meredakan stres yang Anda rasakan.

Selamat mencoba!