Atasi Masalah Bibir Pecah-Pecah Dengan Melakukan Tips Ini

DokterSehat.Com– Berbeda dengan bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga tidak mampu menjaga kelembaban alaminya dengan baik. Alhasil, jika kita tidak mengkonsumsi air dengan cukup atau terkena dehidrasi, maka bibir pun akan beresiko menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini tentu akan membuat kita akan merasa sangat tidak nyaman, bukan? Beruntung, kita bisa mengatasi masalah bibir pecah-pecah ini dengan melakukan berbagai tips ini.



Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik
Tak hanya dengan mengkonsumsi air putih setidaknya delapan gelas dalam sehari, ada baiknya kita juga memastikan ruangan yang kerap kita gunakan tidak dalam kondisi yang terlalu kering. Sebagai contoh, jika kita berada di dalam ruangan ber-AC terlalu lama, maka ruangan akan kehilangan kelembabannya dan akhirnya memicu masalah bibir atau kulit kering. Jika perlu, pasanglah pelembab udara demi mencegah masalah kesehatan ini.

Tidak berlebihan mengkonsumsi makanan asam dan pedas
Meskipun memiliki rasa yang nikmat, ada baiknya kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas dan asam karena bisa memicu masalah bibir pecah-pecah. Kedua jenis makanan ini bisa mengiritasi bibir sehingga akan menyebabkan masalah tersebut.

Tidak menjilati bibir
Saat bibir mulai terasa kering, kebanyakan orang memilih untuk sering-sering menjilatinya. Bukannya menjadi lebih basah, hal ini justru akan membuat bibir menjadi semakin kering mengingat cepatnya air liur menguap. Hal ini justru akan membuat bibir semakin mudah pecah-pecah. Daripada menjilatinya, sebaiknya kita segera minum air putih saja.

Memakai pelembab bibir
Baik pria atau wanita, ada baiknya anda tidak malu untuk memakai pelembab bibir atau lip balm yang memiliki kandungan tabir surya. Pelembab bibir ini bisa dipakai jika kita beraktifitas di luar ataupun dalam ruangan demi menjaga kelembaban bibir dengan baik.