Atasi Kulit Leher Kehitaman Pada Ibu Hamil Dengan Bahan Alami Ini

DokterSehat.Com– Sebagian ibu hamil mengeluhkan munculnya warna kehitaman pada beberapa bagian tubuhnya layaknya leher atau ketiak. Hal ini tentu akan membuat penampilannya menjadi kurang maksimal sekaligus menurunkan rasa percaya diri. Untungnya, pakar kesehatan menyebut hal ini sebagai sesuatu yang wajar terjadi pada ibu hamil dan disebut sebagai melasma.

doktersehat-Plasenta-Previa-hamil

Penyebab dari melasma adalah meningkatnya hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan. Tak hanya itu, kulit yang meregang karena perubahan bentuk tubuh saat hamil juga bisa menjadi penyebab munculnya warna kecokelatan atau kehitaman pada kulit. Perubahan berbagai hormon ini akan membuat produksi melanin pada tubuh ibu hamil meningkat dan akhirnya membuat beberapa bagian kulit wanita mengalami pigmentasi yang lebih banyak. Melasma kerap kali muncul pada trimester satu dan dua kehamilan, meskipun terkadang juga bisa berlanjut hingga sepanjang kehamilan.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa dipakai oleh ibu hamil untuk mengatasi melasma atau bercak kehitaman pada kulitnya.

Minyak biji anggur
Minyak biji anggur memiliki kandungan proanthocyanidins yang bisa menurunkan sekresi melanin sekaligus mengatasi bercak-bercak berwarna gelap. Campurkan minyak biji anggur ini dengan minyak kelapa dan oleskan pada bagian kulit yang gelap dua kali dalam sehari untuk mengatasi melasma.

Gel lidah buaya
Kulit ibu hamil cenderung kering sehingga bisa mempengaruhi kondisi atau warna kulitnya. Dengan menggunakan gel lidah buaya yang dioleskan pada kulit yang kehitaman, maka kita bisa mengatasi masalah kulit ini.

Jus buah delima
Jus buah delima memiliki kandungan asam ellagic yang bisa mengatasi bercak kehitaman melasma.

Susu almond
Minum satu gelas susu almond setiap hari bisa mengatasi masalah melasma. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein dan vitamin E yang sangat tinggi pada susu ini yang bisa menutrisi kulit dengan baik, mencegah kulit kering, dan mengatasi melasma.