Atasi Kram Saat Tidur dengan Melakukan Hal Ini

doktersehat-kaki-kasur-tidur
pic credit: dawid cedler

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika 60 persen orang dewasa pernah merasakan sensasi kram pada kaki saat tidur? Tak hanya membuat kaki sulit untuk digerakkan, mereka juga akan mengalami rasa nyeri sehingga kesulitan untuk kembali beranjak tidur.

Dilansir dari Health24, Pakar kesehatan Dr. Scott Garrison dari University of Alberta menjelaskan kram saat tidur sebagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh gangguan pada saraf, tepatnya saat terlalu banyak informasi yang menumpuk pada saraf pada kaki yang akhirnya memicu masalah kesehatan ini.

Penyebab lain dari munculnya kram pada kaki adalah duduk atau berbaring dalam waktu yang sangat lama. Selain itu, menurut Dr. Garrison, jika kita berada dalam wilayah dengan suhu udara yang hangat, risiko untuk terkena kram juga meningkat.

Masalah kesehatan ini lebih sering terjadi pada orang-orang dengan usia lebih dari 50 tahun, usia saat semakin banyak sel-sel saraf menghilang. Sel-sel saraf yang tersisa pun akan menjadi bekerja dengan lebih keras demi membawa berbagai informasi. Hal inilah yang kemudian bisa memicu kram pada kaki.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 lalu di Belanda berhasil menemukan sebuah fakta menarik tentang cara efektif dalam mencegah kram. Bagi orang dewasa yang mengalami masalah kesehatan ini saat tidur, mereka sangat disarankan untuk melakukan peregangan selama tiga menit untuk mengatasinya.

Selain itu, jika mampu, beranjaklah dari kasur dan cobalah untuk berjalan kaki baik itu ke kamar mandi atau sekadar mengambil minuman. Hal ini akan meredakan kram dan rasa nyeri dengan efektif.