Atasi Ketombe Dengan Memperbaiki Pola Makan

DokterSehat.Com– Apakah anda termasuk dalam orang yang frustrasi dengan masalah ketombe? Dalam kenyataannya, masalah kesehatan rambut ini memang sangat menjengkelkan dan sulit untuk dihilangkan meskipun kita sudah berusaha untuk membersihkan rambut sebaik mungkin. Padahal, ketombe bisa menurunkan kepercayaan diri karena rambut dan pundak menjadi lebih kotor serta terasa gatal. Untungnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita mengubah pola makan, ada kemungkinan ketombe yang ada pada rambut kita juga akan ikut menghilang.

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Membatasi asupan gula
Pakar kesehatan Jessica Krant dari SUNY Downstate Medical Center yang ada di New York, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa konsumsi gula dan karbohidrat sederhana bisa memicu lebih banyak peradangan di dalam tubuh dan hal ini juga bisa berimbas pada masalah ketombe. Dengan membatasi asupan gula dan menambah asupan makanan yang kaya akan antioksidan, diharapkan masalah ketombe bisa segera berkurang.

Lebih banyak makan sayur dan buah
Saluran pencernaan yang kurang sehat ternyata bisa memicu masalah pada kulit kepala. Karena alasan inilah ada baiknya kita memperbanyak asupan sayur dan buah yang kaya serat dan nutrisi yang bisa menyehatkan pencernaan dan mengatasi ketombe.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat
Konsumsilah makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sehat yang ada pada ikan. Buah seperti alpukat juga kaya akan lemak sehat yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Masalah ketombe tentu akan bisa segera berkurang.

Meskipun begitu, ada baiknya kita tidak hanya mengandalkan perubahan pola makan namun juga tetap menggunakan produk perawatan rambut dan kulit kepala demi mengatasi masalah ketombe dengan lebih baik.